Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85733
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Yuliati, Nanik | - |
dc.contributor.advisor | Lathif, Misno A. | - |
dc.contributor.author | Agustin, Desi | - |
dc.date.accessioned | 2018-05-18T03:21:32Z | - |
dc.date.available | 2018-05-18T03:21:32Z | - |
dc.date.issued | 2018-05-18 | - |
dc.identifier.nim | NIM130210205023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85733 | - |
dc.description.abstract | Hasil observasi yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan bernyanyi anak kelompok B di TK PGRI Arjuna Kalisat-Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 sebagian masih rendah. Pada saat prasiklus, terdapat 14 dari 20 anak yang kemampuan bernyanyi berada di bawah indikator keberhasilan. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang digunakan guru belum berkembang dan menarik untuk anak dalam hal pengembangan kemampuan bernyanyi. Sebagai contoh, guru menggunakan media majalah atau lembar kerja siswa yang sebagian besar kegiatannya adalah menggambar, mewarnai ataupun menulis. Pembelajaran yang khusus untuk melatih bernyanyi anak belum sering digunakan guru, guru juga masih belum pernah melakukan kegiatan seni musik dalam kemampuan bernyanyi. Berdasarkan permasalahan yang ada di TK tersebut, perlu adanya perbaikan untuk menyelesaikan masalah ini yaitu salah satunya dengan cara memberikan kegiatan seni musik dengan pembelajaran bernyanyi. Kegiatan yang di khususkan dalam meningkatkan kemampuan bernyanyi anak yaitu ketepatan dalam mengucapkan lirik lagu, ketepatan berirama dalam bernyanyi, dan tinggi rendah nada., sehingga dapat melatih vokal dan gerakan-gerakan saat bernyanyi anak melalui kegiatan seni musik ini di TK PGRI Arjuna Kalisat-Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini yaitu agar anak dapat bernyanyi menggunakan kegiatan seni musik, karena di TK tersebut bernyanyi hanya digunakan pada awal kegiatan dan akhir kegiatan saja dan anak masih belum pernah bernyanyi menggunakan kwgiatan seni musik. Penelitian ini dilaksanakan di TK PGRI Arjuna Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember dengan subjek penelitian yaitu anak kelompok B yang xviii berjumlah 20 anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini adalah penelitian model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Penerapan penelitian menggunakan kegiatan seni musik dilakukan sebanyak dua siklus. Siklus 1 yaitu sebagian besar anak masih belum bisa melaksanakan kegiatan bernyanyi dengan baik, masih ada beberapa anak yang tidak mendengarkan guru saat menerangkan dan berbicara sendiri, sedangkan siklus 2 hampir semua anak sudah bisa melakukan kegiatan bernyanyi, anak dapat menirukan saat guru memberi contoh, anak dapat menghafal ketukanketukan lagu saat bernyanyi, dan anak anak dapat menghafal lagu dengan mudah dengan diiringi musik. Hasil penelitian Siklus I terdapat peningkatan keterampilan motorik sebanyak 63,31 untuk nilai rata-rata kelas. Ada sebanyak 9 anak dari 20 anak yang sudah mencapai ketuntasan minimal. Namun, hasil penelitian pada siklus I belum maksimal dikarenakan masih ada beberapa kendala yaitu anak masih kurang memperhatikan guru saat menerangkan, dan ada anak kelompok A yang masuk ke kelas B dan mengganggu saat kegiatan berlangsung. Setelah dilaksanakan siklus II, ternyata kemampuan bernyanyi anak semakin berkembang, ada beberapa anak yang bisa dan dapat mendengarkan guru saat bernyanyi, tidak berbicara sendiri dan anak dapat tepat mengucapkan lirik lagu, tepat berirama dalam bernyanyi dan tinggi rendah nada, dapat dilihat pada hasil nilai rata-rata kelas yaitu sebanyak 82,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan bernyanyi anak semakin meningkat dan kegiatan yang dilakukan sudah maksimal, sehingga tidak perlu melanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan seni musik dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemamapuan bernyanyi anak di TK PGRI Arjuna Kalisat Jember. Saran yang diberikan yaitu, guru hendaknya memperbaiki cara mengajar agar lebih menarik perhatian anak dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, menambah lagu-lagu, media yang menarik kepada anak dan suara guru yang keras dan jelas serta memberi contoh yang benar. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 130210205023; | - |
dc.subject | Kemampuan Bernyanyi Anak | en_US |
dc.subject | Seni Musik | en_US |
dc.title | Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Seni Musik Di TK PGRI Arjuna Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DESI AGUSTIN 130210205023.pdf | 236.53 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools