Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85721
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRahayu, Rahayu-
dc.contributor.authorSantoso, Tri Hadi-
dc.date.accessioned2018-05-11T01:57:09Z-
dc.date.available2018-05-11T01:57:09Z-
dc.date.issued2018-05-11-
dc.identifier.issn2085-7519-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85721-
dc.descriptionJurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 6 No. 1 hal 99-108, Januari 2018en_US
dc.description.abstractSalah satu faktor yang mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa adalah pemilihan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa dalam pembelajaran PKn pada kelas III SDN Plalangan 02 Jember, model, strategi, dan metode pembelajaran yang digunakan masih belum optimal. Perlu adanya variasi dalam menerapkan model pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Berkaitan dengan masalah yang timbul tersebut, permasalahan akan diatasi dengan menerapkan model pembelajaran yang diharapkan mampu membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan antusias, sehingga diharapkan pembelajaran menjadi bermakna dan berdampak pada hasil belajar siswa yang memuaskan. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada tema harga diri di SDN Plalangan 02 Jember semester II tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pencapaian skor aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal. Pencapaian skor aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 45,31 (cukup aktif) meningkat menjadi 65,80 (aktif) pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 79,34 (sangat aktif) pada siklus II. Pencapaian skor hasil belajar siswa prasiklus sebesar 45,83 (kurang baik) meningkat menjadi 67,42 (cukup baik) pada siklus I dan meningkat menjadi 79,42 (baik) pada siklus II. berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Matchen_US
dc.subjectAktivitas Belajar Siswaen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA HARGA DIRI DI SDN PLALANGAN 02 JEMBERen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Jurnal_Rahayu_Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match_.pdf731.14 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.