Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85636
Title: Pendidikan Keaksaraan Fungsional Berbasis Gender Meanstreaming Dalam Peningkatan Kemandirian Perempuan Pedesaan
Authors: Indrianti, Deditiani Tri
Keywords: Pendidikan Keaksaraan
pemberdayaan perempuan
organisasi masyarakat
Issue Date: 27-Apr-2018
Abstract: Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang berupaya mengkaji potensi masyarakat dalam menyelenggarakan pendidikan keaksaraan fungsional dan pemberdayaan perempuan. Penelitian diawali dengan memetakan peran dan fungsi organisasi masyarakat yang memberi ruang untuk meningkatkan keberdayaan perempuan berdasarkan kebutuhan praktis dan strategis gender. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan mix metode yaitu menggabungkan metode deskriptif eksplanatif yang dilengkapi dengan survey, untuk kemudian dianalisa dengan teknik Gender Analysis Pathway. Temuan yang diperoleh dari hasil penelitian menggambarkan, bahwa pendidikan keaksaraan fungsional merupakan salah satu proses pemberdayaan yang dilakukan secara bertahap melalui jalur pendidikan non formal. Selain itu, kegiatan pendidikan keaksaraan tidak dapat dilakukan secara general melainkan disesuaikan dengan karakteristik sosial budaya lokal. Oleh karena itu, perlu adanya identifikasi organisasi masyarakat yang selama ini berperan sebagai penyelenggara pendidikan keaksaraan fungsional untuk kemudian dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai model pendidikan keaksaraan guna memberdayakan masyarakat. Mengingat organisasi masyarakat merupakan sebuah lembaga yang diinisiasi oleh masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.
Description: Proceeding International Seminar Good Practices in Education Across Disciplines and Grade-Levels, 2014
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85636
ISBN: 978-602-96824-0-3
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Prosiding_Deditiani TI_Pendidikan Keaksaraan.pdf239.08 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.