Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85633
Title: | MODEL PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS POTENSI LOKAL DALAM PENINGKATKAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF PADA PEREMPUAN PERDESAAN DI KABUPATEN JEMBER (Tahun ke 1) |
Authors: | Hendrawijaya, Arief Tukiman Indrianti, Deditiani Tri |
Keywords: | Program Pendidikan Keaksaraan Fungsional Potensi Lokal Usaha Ekonomi Produktif Perempuan Perdesaan |
Issue Date: | 27-Apr-2018 |
Abstract: | Penelitian memiliki tujuan dalam merumuskan model pembelajaran pada program pendidikan keaksaraan fungsional guna meningkatkan kecakapan hidup perempuan perdesaan yang sesuai dengan konsteks lokal, sehingga perempuan mampu membaca peluang usaha yang dapat menjadi sumber ekomoni untuk menanggulangi kemiskinan. Fokus kajian penelitian dilatarbelakangi adanya kondisi bahwa perempuan di daerah perdesaan merupakan penyangga kebutuhan ekonomi keluarga. Namun, disisi lain perempuan perdesaan belum memiliki kecakapan hidup yang memadai. Perempuan perdesaan merupakan penyandang buta aksara terbesar di Kabupaten Jember. Oleh karena itu, perlu cara yang tepat dan mendasar sebagai bentuk percepatan pemberantasan buta aksara guna meningkatkan kecakapan hidup perempuan perdesaan dalam membaca peluang ekonomi yang sesuai dengan konteks lokal. Model pemberantasan buta aksara yang dihasilkan dari kegiatan penelitian ini diharapkan menjadi bahan referensi aplikatif bagi para penentu kebijakan guna mengurangi dan menuntaskan jumlah buta aksara di Kabupaten Jember, terutama pada perempuan perdesaan. Dimana, program pendidikan keaksaraan yang dilakukan di Kabupaten Jember masih bersifat parsial belum mampu menjawab kebutuhan warga belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan program yang hanya mengenalkan huruf serta angka. Akibatnya pembelajaran kurang bermakna dan kurang menarik. Disisi lain, penyandang buta aksara memerlukan peningkatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Mengingat masyarakat penyandang buta aksara adalah masyarakat miskin dan kurang berdaya, akibat rendahnya pengetahuan dasar. Data penelitian yang dikumpulkan pada kegiatan penelitian ini bersifat primer dan skunder, untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif. Sampel diambil dengan cara snowball sampling melalui metode wawancara mendalam serta pengamatan terlibat. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara terstruktur. Data yang dikumpulkan akan diolah dan dianalisi dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Dari data yang dihimpun ditemukan adanya potensi sumberdaya alam maupun sosial ditingkat lokal yang berpeluang sebagai sumber ekonomi. Terdapat keterbatasan keterampilan perempuan dalam memanfaatkan potensi tersebut. Melalui kegiatan pembelajaran yang dikemas dalam materi membaca, menulis dan berhitung, serta dikuatkan dengan keterampilan dalam memanfaatkan potensi alam sebagai sumber ekonomi perempuan akan diberdayakan. Kemampuan tersebut dapat menjadi penggerak perubahan. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85633 |
Appears in Collections: | LSP-The Research |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. KIP_Lap. Pen_Deditiani TI_Model Pendidikan Keaksaraan.pdf | 1 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.