Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85421
Title: | PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN RAMBIGUNDAM 01 JEMBER |
Authors: | Irvan, Muhtadi Agustiningsih Hamida, Nurul |
Keywords: | PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN |
Issue Date: | 17-Apr-2018 |
Abstract: | Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penerapan metode pembelajaran TPS (think pair share) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA pokok bahasan penyesuaian diri hewan di SDN Rambigundam 01 Jember. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai pada kelas eksperimen sebesar 82,454, sedangkan kelas kontrol sebesar 73,681. Berdasarkan hasil uji-t yang telah dilakukan besarnya nilai thitung yang diperoleh sebesar 3,012, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikasi 0,01 dengan derajat kebebasan 42 sebesar 2,018, dapat dilihat thitung > ttabel (3,012 > 2,018) Ha yang menyatakan ada pengaruh penerapan metode pembelajaran TPS terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SDN Rambigundam 01 Jember diterima. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85421 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nurul Hamida - 140210204131.pdf a.pdf | 4.07 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools