Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85421
Title: PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN RAMBIGUNDAM 01 JEMBER
Authors: Irvan, Muhtadi
Agustiningsih
Hamida, Nurul
Keywords: PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN
Issue Date: 17-Apr-2018
Abstract: Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penerapan metode pembelajaran TPS (think pair share) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA pokok bahasan penyesuaian diri hewan di SDN Rambigundam 01 Jember. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai pada kelas eksperimen sebesar 82,454, sedangkan kelas kontrol sebesar 73,681. Berdasarkan hasil uji-t yang telah dilakukan besarnya nilai thitung yang diperoleh sebesar 3,012, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikasi 0,01 dengan derajat kebebasan 42 sebesar 2,018, dapat dilihat thitung > ttabel (3,012 > 2,018) Ha yang menyatakan ada pengaruh penerapan metode pembelajaran TPS terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SDN Rambigundam 01 Jember diterima.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85421
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nurul Hamida - 140210204131.pdf a.pdf4.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools