Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85230
Title: | IMPLEMENTASI MODEL POE (PREDICT- OBSERVE- EXPLAIN) DISERTAI LKS BERBASIS METODE GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PUJER |
Authors: | Wahyuni, Sri Bachtiar, Rayendra Wahyu Devi, Rezki Noviana |
Keywords: | POE (Predict- Observe- Explain) GNT (Guided Note Taking) |
Issue Date: | 5-Apr-2018 |
Abstract: | Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji aktivitas belajar setelah menggunakan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis Metode GNT (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA Negei Pujer (2) mengkaji hasil belajar kognitif setelah menggunakan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis Metode GNT (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA Negei Pujer. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pujer, penentuan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposuve sampling area. Penentuan sampel siswa menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas Kontrol. Desain penelitian ini adalah post-test-only control design. Nilai aktivitas belajar fisika siswa diperoleh dari observasi dan nilai hasil belajar kognitif fisika siswa diperoleh dari post-test. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis Independent Mann Whitney Test dengan program SPSS 22 dan Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 20. Data aktivitas belajar fisika siswa diperoleh melalui observasi pada siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan masing masing kelas memiliki 6 indikator. Analisis aktivitas belajar fisika siswa menunjukan skor rata-rata aktivitas belasjar fisika siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan Independent Mann Whitney Test diperoleh nilai signifikansi 0,00045 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer. Hasil analisis hasil belajar kognitif fisika siswa menunjukkan bahwa ratarata nilai hasil belajar kognitif kelas ekeperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol, dan diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer, (2) model pembelajaran POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85230 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Rezki Noviana Devi.pdf | 3.53 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools