Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85230
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWahyuni, Sri-
dc.contributor.advisorBachtiar, Rayendra Wahyu-
dc.contributor.authorDevi, Rezki Noviana-
dc.date.accessioned2018-04-05T03:24:25Z-
dc.date.available2018-04-05T03:24:25Z-
dc.date.issued2018-04-05-
dc.identifier.nim120210102091-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85230-
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji aktivitas belajar setelah menggunakan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis Metode GNT (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA Negei Pujer (2) mengkaji hasil belajar kognitif setelah menggunakan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis Metode GNT (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA Negei Pujer. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pujer, penentuan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposuve sampling area. Penentuan sampel siswa menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas Kontrol. Desain penelitian ini adalah post-test-only control design. Nilai aktivitas belajar fisika siswa diperoleh dari observasi dan nilai hasil belajar kognitif fisika siswa diperoleh dari post-test. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis Independent Mann Whitney Test dengan program SPSS 22 dan Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 20. Data aktivitas belajar fisika siswa diperoleh melalui observasi pada siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan masing masing kelas memiliki 6 indikator. Analisis aktivitas belajar fisika siswa menunjukan skor rata-rata aktivitas belasjar fisika siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan Independent Mann Whitney Test diperoleh nilai signifikansi 0,00045 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer. Hasil analisis hasil belajar kognitif fisika siswa menunjukkan bahwa ratarata nilai hasil belajar kognitif kelas ekeperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol, dan diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer, (2) model pembelajaran POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPOE (Predict- Observe- Explain)en_US
dc.subjectGNT (Guided Note Taking)en_US
dc.titleIMPLEMENTASI MODEL POE (PREDICT- OBSERVE- EXPLAIN) DISERTAI LKS BERBASIS METODE GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PUJERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rezki Noviana Devi.pdf3.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools