Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84914
Title: PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIS UNTUK SISWA SMA
Authors: BACHTIAR, Rayendra Wahyu
SUPRIADI, Bambang
ANISA, Rafidatul
Keywords: LEARNING CYCLE 5E
GETARAN HARMONIS
Issue Date: 27-Mar-2018
Series/Report no.: 120210102064;
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Argopuro Panti-Jember. Desain pengembangan modul pada penelitian ini menggunakan model pegembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974), akan tetapi dalam penelitian ini mengalami pembatasan tahap pengembangan pada tahap keempat tidak dilaksanakan sehingga menjadi tiga tahap (Design, Define, Develop) karena peneliti hanya mengukur keefektifan produk pengembangan dalam skala kecil. Instrumen perolehan data yang digunakan yaitu terdiri lembar validasi modul, lembar penilaian sikap siswa berupa lembar observasi, lembar post-test, dan lembar angket motivasi belajar. Metode pengumpalan data yang digunakan yaitu validasi, observasi, tes, dan angket. Data yang didapat adalah validasi, respon belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA mendapatkan hasil validitas sebesar 3,98 untuk validasi ahli dan 4,7 untuk validasi pengguna. Dengan demikian modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA memenuhi kriteria cukup valid berdasarkan hasil validasi ahli dan memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil validasi pengguna. Data ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh sebesar 62,96 % dan termasuk dalam kategori efektif. Sedangkan data kepraktisan penggunaan modul berdasar respon yang diberikan siswa diperoleh data sebesar 85,2 % yang termasuk dalam kategori sangat positif. Dengan demikian modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA memenuhi kriteria praktis digunakan dalam pembelajaran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84914
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rafidatul Anisa - 120210102064_.pdf3.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools