Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84866
Title: PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING DISERTAI LKS BERBASIS DISCOVERY DI SMA
Authors: PRIHANDONO, Trapsilo
WAHYU B., Rayendra
KAMILA
Keywords: HUKUM NEWTON
MODEL QUANTUM TEACHING
Issue Date: 26-Mar-2018
Series/Report no.: 130210102050;
Abstract: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran hukum newton dengan media LKS berbasis discovery yang berpengaruh terhadap nilai kognitif hasil belajar siswa dan keterampilan proses sains siswa.emilihan sampel penelitian berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan di SMAN Pakusari mulai dari tanggal 14 Agustus sampai 25 Agustus 2017. Jenis penelitain yang digunakan adalah jenis penelitian pra-ekspreimen dengan sampel satu kelas sebagai kelas perlakuan dengan menggunakan model quantum teaching. Desain penelitian yang digunakan adalah one grup pretest post-test desain. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis nilai keterampilan proses sains siswa menggunakan rumus perhitungan presentase skor yang sering muncul bahwa rata-rata nilai keterampilan proses sains kelas eksperimen pada pertemuan satu, pertemuan dua dan pertemuan tiga sebesar 74,70% sesuai dengan tabel kategori keterampilan proses sains apabila nilai rata-rata keterampilan proses sains lebih dari 60% dan kurang dari 81 % maka kategori KPS siswa tergolong kategori baik. Hasil analisis data dengan uji paired sampel t-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test adalah 34,4% dan nilai rata-rata post-test adalah 70,7% menunjukkan keputusan hipotesis bahwa hasil pengujian menggunakan uji Paired Samples T-Test dengan aplikasi SPSS 20 diperoleh hasil sig. (2-tailed) kognitif siswa sebesar 0,000. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian pihak kanan, sehingga nilai signifikansi dibagi 2 dan diperoleh sig. (1-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05 sesuai dengan kriteria pengujian pada bab 3 bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya nilai rata-rata posttest siswa lebih besar daripada nilai rata-rata pretest. Maka dapat disimpulkan keterampilan proses sains termasuk kedalam kategori baik, sehingga berpengaruh pula terhadap hasil belajar kognitif siswa yang terbukti dari meningkatnya skor rata-rata pre-test dan posttest.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84866
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Kamila - 130210102050_.pdf3.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools