Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84524
Title: PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE KULIT TELUR PADA ANAK KELOMPOK B3 DI TK NURUR RAHMAN KECAMATAN TAMANAN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Authors: Khutobah
Syarifuddin
NURJANNAH, EKA
Keywords: Motorik Halus
Kolase Kulit Telur
Issue Date: 8-Mar-2018
Abstract: Motorik halus adalah gerakan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil serta koordinasi antara mata dan tangan. Pembelajaran motorik merupakan serangkaian proses pembelajaran yang berhubungan dengan praktik dan atau pengalaman yang mengarah pada perubahan yang relatif permanen dalam kemampuan menggapai sesuatu. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa dari 15 anak hanya 7 anak yang motorik kasarnya sudah baik, sedangkan 8 anak lainnya kemampuan motorik halusnya masih rendah. Penyebab belum berkembangnya kemampuan motorik halus yaitu media yang digunakan kurang bervariasi. Kegiatan kolase pada anak usia dini dapat melatih anak untuk menggerakkan jari-jemarinya dan memfokuskan pandangan anak pada saat menempel. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan pada penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan kolase kulit telur untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B3 di TK Nurur Rahman Kecamatan Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017, dan (2) Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase kulit telur pada anak kelompok B3 di TK Nurur Rahman Kecamatan Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di TK Nurur Rahman Kecamatan Tamanan Bondowoso. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 yang berjumlah 15 anak, yang terdiri atas 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Proses penerapan kegiatan kolase dengan media kulit telur untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 di TK Nurur Rahman Kecamatan Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017 dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I guru mempersiapkan dan mengenalkan media yang akan digunakan pada kegiatan kolase yaitu kulit telur ayam, kemudian guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan kolase dan guru memberikan contoh cara menempel kulit telur yang rapi dan benar pada pola gambar, namun pada siklus I ada kekurangan guru yaitu kurang lantangnya suara guru sehingga anak yang duduk dibelakang kurang jelas mendengar apa yang disampaikan guru serta masih ada anak yang kurang rapi ketika menempel kulit telur. Siklus II hampir sama dengan siklus I yaitu menjelaskan langkah-langkah kegiatan kolase kulit telur dan ditambahkan hasil perbaikan pada siklus I yaitu guru lebih memperlantang lagi suaranya agar semua anak dapat mendengar dengan jelas apa yang disampaikan oleh guru, serta guru lebih rinci lagi ketika menjelaskan dan memberi arahan cara menempel kulit telur yang rapi. Peningkatan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B3 di TK Nurur Rahman Kecamatan Tamanan Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pada prasiklus 46,67, siklus I 68,87, dan siklus II 89,32. Atas dasar itu, dapat disimpilkan bahwa kekiatan kolase kulit telur untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 di TK Nurur Rahman Kecamatan Tamanan Bondowoso dikatakan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Saran yang berkaitan dengan penerapan pembelajaran motorik halus melalui kegiatan kolase kulit telur yaitu dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran motorik halus pada anak agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84524
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
EKA NURJANNAH 130210205045_1.pdf2.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools