Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84306
Title: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATH-SCIENCE BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI DAERAH PERKEBUNAN KOPI JEMBER
Authors: Suratno, Suratno
Kurniati, Dian
Keywords: math-science
performance assessment
kemampuan berpikir kritis
Issue Date: 13-Feb-2018
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpkir kritis siswa kelas V SD di sekitar perkebunan kopi Garahan Jember melalui penerapan model pembelajaran mathscience berbasis performance assessment. Kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini adalah kemampuan pembuktian, kemampuan generalisasi, dan kemampuan pemecahan masalah. Data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Uji coba penelitian ini diterapkan pada dua SD di sekitar perkebunan kopi yaitu MI Al –Amin Garahan dan SD Negeri Sidomulyo 03 Jember dengan subyek penelitian sebanyak 80 siswa. Data diperoleh dari hasil kinerja siswa selama mengerjakan post test pada materi math-science dan wawancara. Pada siklus pertama terdapat 8 siswa (10%) yang memenuhi semua indikator kemampuan generalisasi dan pembuktian, sedangkan kemampuan pemecahan masalah belum berkembang dengan maksimal. Pada siklus kedua terdapat peningkatan, yaitu terdapat 22 siswa (27.5%) yang mampu memiliki kemampuan pembuktian dan kemampuan generalisasi. Pada siklus ketiga terdapat 32 siswa (40%) yang mampu memiliki semua kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.
Description: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 21, No 1, June 2017 (1-10)
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84306
ISSN: 1410-4725
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Jurnal_Suratno_IMPLEMENTASI MODEL.pdf328.29 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.