Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84226
Title: SISTEM MONITORING DAN KONTROL MOBIL LISTRIK UNIVERSITAS JEMBER BERPENGGERAK MOTOR BLDC BERBASIS RADIO FREKUENSI
Authors: SUJANARKO, Bambang
HADI, Widyono
KURNIAWAN, Fajar
Keywords: MONITORING
KONTROL MOBIL LISTRIK
BERPENGGERAK MOTOR BLDC BERBASIS
RADIO FREKUENSI
Issue Date: 9-Feb-2018
Series/Report no.: 121910201025;
Abstract: Kendaraan berbahan bakar minyak ( Mobil ) pada masa sekarang seakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat luas. Peranan mobil sendiri sangat signifikan untuk semua kalangan, dari dipakai untuk mata pencaharian hingga hanya untuk materi kekayaan. Tetapi tanpa disadari, semakin banyaknya permintaan produksi mobil justru semakin membahayakan kelangsungan hidup manusia. Poin pokok dari ancaman tersebut adalah semakin tercemarnya polusi udara di planet bumi. Oleh sebab itu, banyak dilakukan riset tentang mobil listrik untuk pengembangkan modern di negara-negara maju. Dalam upaya pengembangannya tim mobil listrik Universitas Jember masih memiliki masalah pada proses pengendalian dan pengukuran arus maupun tegangan yang dikonsumsi oleh mobil listrik.Pada sistem pengendalian dan pengukuran Arus maupun Tegangan. Biasanya pengendalian dan pengukuran arus maupun tegangan ini masih dilakukan secara manual dan harus berhubungan langsung dengan obyek. Hal ini megakibatkan proses pengendalian mobil listrik menjadi lebih lama dan dianggap kurang efisien. Sehingga diperlukan adanya sebuah sistem yang dibuat untuk dapat mengendalikan.Dengan adanya sistem monitoring dan pengendalian data hasil pengukuran arus maupun tegangan dapat dilakukan secara real time dengan komputer. Penelitian ini dilakukan beberapa pengujian yaitu pengujian sensor tegangan , sensor arus, sensor kecepatan, pengujian dinamis dengan mode control dan mode driver.pengujian dengan mode control terdapat empat kondisi jalan yaitu jalan lurus, jalan belok, jalan turun, dan jalan tanjakan dalam empat pengujian ini nilai arus yang besar di dapat pada jalan tanjakan sebesar 7,93.pada mode control pengontrol kecepatan berjalan dengan baik pada kondisi jalan lurus nilai refrensi kecepatan 250 dengan pengujian di dapat rata-rata nilai kecepatan 238,3213,pada kondisi jalan belok dengan kecepatan refrensi 250 di dapat nilai kecepatan rata- rata 245,79,pada saat kondisi jalan turun di dapat nilai kecepatan sebesar 206,55 pada kondisi tanjakan ketika di kasih nilai kecepatan refrensi sebesar 100 di dapatkan nilai kecepatan rata- rata sebesar 99,63. sistem ini .dalam pengujian sensor arus, sensor tegangan,dan sensor rpm dengan membandingan nilai hasil dari alat ukur dan sensor terdapat error persen yang rendah sehingga sensor tersebut bisa di katakan memiliki keakuratan yang tinggi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84226
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fajar Kurniawan - 121910201025_.pdf2.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools