Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84179
Title: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI BERBASIS KARAKTER KREATIF MENGGUNAKAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA KELAS VII SMP
Authors: TRAPSILASIWI, Dinawati
KURNIATI, Dian
RAUF, Abdur
Keywords: PEMBELAJARAN PERSEGI PANJANG
PERSEGI BERBASIS
KARAKTER KREATIF
MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP
Issue Date: 8-Feb-2018
Series/Report no.: 100210101121;
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan perangkat pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis karakter kreatif menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP) pada sub bab persegi panjang dan persegi yang memiliki kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan karakter kreatif siswa dalam pembelajaran persegi panjang dan persegi kelas VII SMP. Karakter kreatif yang dimaksud dalam penelitian ini ada empat aspek yang dinilai yaitu fluency (menurunkan banyak ide), flexibility (mengubah perspektif dengan mudah), elaboration (mengembangkan ide lain dari suatu ide) dan originality (menyusun sesuatu yang baru). Perangkat pembelajaran dikembangkan dengan prosedur 4-D Model yang sudah dimodifikasi yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan tidak diujicobakan kembali dan hanya disebarkan dalam lingkup Universitas Jember yaitu di Perpustakaan Universitas Jember, perpustakaan FKIP Universitas Jember, dan Perpustakaan Pendidikan Matematika Universitas Jember. Kegiatan yang dilakukan pada tahap pendefinisian adalah: (1) analisis awal-akhir terhadap kurikulum 2013, (2) analisis siswa untuk untuk mengetahui kompetensi, perkembangan kognitif, serta karakter kreatif siswa, (3) analisis konsep tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi, (4) analisis tugas meliputi tugas yang akan diberikan kepada siswa, dan (5) spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap kedua adalah perancangan dengan kegiatannya meliputi: (1) pemilihan media, (2) pemilihan format yaitu perangkat pembelajaran berbasis karakter kreatif menggunakan model MMP, dan (3) rancangan awal yang meliputi perancangan RPP dan LKS yang berbasis karakter kreatif dengan model MMP. Tahap ketiga adalah pengembangan dengan kegiatannya meliputi: (1) penilaian dari validator yang dilakukan oleh dua orang dosen pendidikan matematika, (2) uji keterbacaan dilakukan oleh tiga orang siswa kelas VII E SMPN 1 Silo, dan (3) uji coba lapangan dilakukan di kelas VII A SMPN 1 Silo sebanyak dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil uji coba, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria valid dengan interpretasi RPP sebesar 2,95 dan LKS sebesar 4,31. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria praktis dengan nilai kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah baik dan nilai kepraktisan dari angket guru sebesar 94% dengan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria efektif dengan tercapainya tujuan pembelajaran yaitu: (1) aspek sikap, yaitu berdasarkan lembar penilaian karakter kreatif adalah sebesar 87,8 % dengan kategori sangat kreatif, (2) aspek pengetahuan yaitu rata- rata nilai yang diperoleh siswa pada LKS sebesar 89,34%, dan (3) aspek keterampilan yaitu persentase keterampilan siswa berdasarkan hasil observasi aktifitas siswa adalah 93,75% dengan kriteria sangat terampil. Berdasarkan kriteria kualitas tersebut, dihasilkan pengembangan perangkat pembelajaran persegi panjang dan persegi berbasis karakter kreatif menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP) pada kelas VII SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84179
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABDUR RAUF - 100210101121_.pdf7.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools