Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83655
Title: Pengaruh Terapi Bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders) terhadap Keterampilan Mencuci Tangan Siswa Kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember
Authors: AZIZAH, Nurul
SUSANTO, Tantut
AINI S, Latifa
Keywords: MENCUCI TANGAN
ANAK USIA SEKOLAH
KETERAMPILAN
TERAPI BERMAIN
SCL (SNAKE, CARDS, AND LADDRES)
Issue Date: 17-Dec-2017
Abstract: Perilaku mencuci tangan pada anak usia sekolah menunjukkan kualitas terendah. Upaya pencegahan untuk meningkatkan keterampilan mencuci tangan dengan terapi bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terapi bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders) terhadap keterampilan mencuci tangan siswa kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan desain preeksperimental dengan pretest posttest group. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan 44 responden. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Keterampilan mencuci tangan responden setelah terapi bermain menunjukkan 70,4% memiliki keterampilan mencuci tangan baik dan 29,6% mempunyai keterampilan mencuci tangan cukup. Hasil menunjukkan nilai p value = 0.000. Terdapat pengaruh terapi bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders) terhadap keterampilan mencuci tangan siswa kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember. Saran bagi sekolah untuk menyediakan fasilitas mencuci tangan seperti sabun, kertas tissue, dan hand sanitizer untuk meningkatkan keterampilan mencuci tangan siswa kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember.
Description: e-Jurnal Pustaka Kesehatan, vol.3 (no.2), Mei, 2015
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83655
ISSN: 2355-178X
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PS. IK_Jurnal_Tantut S_Pengaruh Terapi Bermain SCL.pdf164.3 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.