Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83655
Title: | Pengaruh Terapi Bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders) terhadap Keterampilan Mencuci Tangan Siswa Kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember |
Authors: | AZIZAH, Nurul SUSANTO, Tantut AINI S, Latifa |
Keywords: | MENCUCI TANGAN ANAK USIA SEKOLAH KETERAMPILAN TERAPI BERMAIN SCL (SNAKE, CARDS, AND LADDRES) |
Issue Date: | 17-Dec-2017 |
Abstract: | Perilaku mencuci tangan pada anak usia sekolah menunjukkan kualitas terendah. Upaya pencegahan untuk meningkatkan keterampilan mencuci tangan dengan terapi bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terapi bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders) terhadap keterampilan mencuci tangan siswa kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan desain preeksperimental dengan pretest posttest group. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan 44 responden. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Keterampilan mencuci tangan responden setelah terapi bermain menunjukkan 70,4% memiliki keterampilan mencuci tangan baik dan 29,6% mempunyai keterampilan mencuci tangan cukup. Hasil menunjukkan nilai p value = 0.000. Terdapat pengaruh terapi bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders) terhadap keterampilan mencuci tangan siswa kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember. Saran bagi sekolah untuk menyediakan fasilitas mencuci tangan seperti sabun, kertas tissue, dan hand sanitizer untuk meningkatkan keterampilan mencuci tangan siswa kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember. |
Description: | e-Jurnal Pustaka Kesehatan, vol.3 (no.2), Mei, 2015 |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83655 |
ISSN: | 2355-178X |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
PS. IK_Jurnal_Tantut S_Pengaruh Terapi Bermain SCL.pdf | 164.3 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.