Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83571
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKusbudiono-
dc.contributor.advisorKamsyakawuni, Ahmad-
dc.contributor.authorFaridah, Yulia Nurul-
dc.date.accessioned2017-12-07T02:00:16Z-
dc.date.available2017-12-07T02:00:16Z-
dc.date.issued2017-12-07-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83571-
dc.description.abstractVehicle Routing Problem merupakan permasalahan distribusi yang menyatakan bahwa sebuah kendaraan harus berawal dari depo untuk mengirimkan sejumlah barang kepada n pelanggan dan kembali ke depo dengan memenuhi kendala bahwa semua pelanggan hanya dapat dilayani sekali oleh sebuah kendaraan. Tujuan dari permasalahan tersebut untuk meminimalkan biaya distribusi secara kesuluruhan dengan mereduksi total jarak yang ditempuh, total waktu perjalanan, dan mengurangi jumlah kendaraan yang dibutuhkan. VRP telah dikembangkan sesuai dengan kendala distribusi yang ada, seperti Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows. CVRPTW merupakan permasalahan distribusi yang mempunyai kendala kapasitas kendaraan yang homogen dan time windows untuk meminimalkan total waktu perjalanan. Pada penelitian ini, menggunakan algoritma CODEQ dan modifikasi algoritma CODEQ untuk menyelesaikan kasus CVRPTW. Hasil dari kedua algoritma tersebut akan dibandingkan dengan tujuan untuk melihat hasil dari solusi yang terbaik berdasarkan nilai minimal total waktu perjalanan Tujuan dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui hasil dari perbandingan algoritma CODEQ dan modifikasi algoritma CODEQ pada kasus CVRPTW dan dapat mengetahui pengaruh populasi terhadap kinerja algoritma CODEQ dan modifikasi algoritma CODEQ. Data distribusi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang terdiri dari dari 32 toko dan 57 toko. Data distribusi tersebut berupa data jumlah permintaan setiap toko, jarak antara depo dengan toko dan jarak antar toko, kecepatan rata-rata kendaraan, waktu operasional dan waktu pelayanan (service). Hasil yang diperoleh setelah melakukan beberapa percobaan menunjukkan bahwa modifikasi algoritma CODEQ menghasilkan solusi yang lebih baik dari algoritma CODEQ dengan menggunakan data 32 toko maupun 57 toko. Namun, algoritma CODEQ memerlukan running time yang lebih cepat dibandingkan dengan modifikasi algoritma CODEQ. Semakin besar nilai populasi dan iterasi maksimal maka hasil yang didapat akan semakin baik (total waktu perjalanan lebih minimum). Hasil solusi mendekati optimal yang didapatkan setelah melakukan beberapa percobaan dengan menggunakan 32 toko, 80 populasi dan 3000 iterasi yaitu 19 jam 22 menit 13 detik dengan running time sebesar 308,1974 detik untuk modifikasi algoritma CODEQ dan 22 jam 17 menit 29 detik dengan running time sebesar 169,9125 detik untuk algoritma CODEQ.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectIMPLEMENTASI ALGORITMA CODEQen_US
dc.subjectMODIFIKASI ALGORITMA CODEQen_US
dc.subjectCAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWSen_US
dc.titleIMPLEMENTASI ALGORITMA CODEQ DAN MODIFIKASI ALGORITMA CODEQ PADA CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS (CVRPTW)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yulia Nurul Faridah.pdf4.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools