Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83434
Title: Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Tahu Di Kabupaten Jember
Authors: Aji, Joni Murti Mulyo
Supriono, Agus
Muta ‘Awifa
Keywords: Perilaku Konsumen
Produk Tahu
Issue Date: 29-Nov-2017
Series/Report no.: 121510601083;
Abstract: Konsumsi produk tahu dan pertumbuhannya dari tahun ketahun cenderung meningkat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir dibandingkan dengan produk tempe. Artinya produk tahu lebih berkembang jika dibandingkan dengan tempe. Hal tersebut berdampak pada berkembangnya agroindustri produk tahu, salah satunya di Kabupaten Jember yang memiliki banyak agroindustri produk tahu. Salah satu sentra agroindustri tersebut berada di Rambipuji, Ambulu dan Ajung. Namun perkembangan agroindustri produk tahu cenderung stagnan/mengalami kejenuhan yang diduga terdapat masalah yang berhubungan dengan konsumen yang menginginkan diversifikasi produk maupun hal lain yang berhubungan dengan produk tahu, sehingga diperlukan suatu tindakan agar agroindustri tersebut semakin berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk tahu di Kabupaten Jember; (2) hubungan tingkat pendapatan konsumen dengan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk tahu di Kabupaten Jember; (3) hubungan antara tingkat pendidikan konsumen dengan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk tahu di Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan di tiga sentra agroindustri tahu yaitu pasar tradisional Rambipuji, Ambulu, Ajung dan pasar Tanjung sebagai pasar induk Kabupaten Jember. Metode penelitian adalah korelasional dan deskriptif. Metode pengambilan sampel adalah convenience sampling. Metode pengumpulan data yaitu wawancara dengan kuesioner dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk tahu di Kabupaten Jember adalah (a) faktor kualitas produk (rasa, tekstur, tingkat kebusukan, dan kandungan gizi), (b) faktor harga (harga tahu, harga tempe, dan harga ditempat membeli, (c) ketersediaan produk (ketersediaan tahu dan lokasi tempat membeli), (d) faktor motivasi (kebiasaan dan selera). (2) Hubungan tingkat pendapatan konsumen dengan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen (kualitas) dalam pembelian produk tahu di Kabupaten Jember adalah signifikan, dengan nilai signifikansi 0,025<0,05. Artinya terdapat hubungan yang nyata antara tingkat pendapatan konsumen dengan faktor kualitas produk. (3) Hubungan tingkat pendidikan konsumen dengan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen (kualitas) dalam pembelian produk tahu di Kabupaten Jember adalah signifikan, dengan nilai signifikansi 0,007<0,05. Artinya terdapat hubungan yang nyata antara tingkat pendidikan konsumen dengan faktor kualitas produk.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83434
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Muta ‘Awifa - 121510601083.pdf3.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools