Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83275
Title: Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKN Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisaai pada Siswa Kela sV Di SDN Sukowono 04 Jember
Authors: Sihono
Rahayu
SLAMET, Berti Ria Novita
Keywords: ROLE PLAYING
HASIL BELAJAR
Issue Date: 16-Nov-2017
Abstract: Mata Pelajaran PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang mengutamakan pembentukan sikap pada diri siswa. Tujuan mata pelajaran Pkn adalah membentuk pribadi yang baik, yaitu warga negara yang tahu, mau, dan sadar akan hak dan kewajibannya. Metode pembelajaran merupakan salah satu hal yang memegang peranan penting. Guru harus memilih metode yang tepat agar mendapatkan keberhasilan proses pembelajaran. Pemilihan metode role playing merupakan salah satu metode yang membuat siswa menjadi aktif sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi bermakna bukan hanya mendengarkan dan mencatat saja, tetapi siswa diajak secara langsung untuk mempraktekkan tokoh yang ikut dalam organisasi yang ada di sekolah maupun masyarkat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Pkn pokok bahasan kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V di SDN Sukowono 04 Jember tahun pelajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PKn pokok bahasan kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V di SDN Sukowono 04 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukowono 04 Jember dimulai tanggal 09 Januari 2017 sampai 16 Februari 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 31 orang, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus teridir dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan ; (3) observasi; dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar pada tahap pra siklus sebesar 53,23% (kategori cukup aktif), pada tahap siklus I aktivitas belajar siswa sudah mengalami peningkatan sebesar 75,00% (kategori aktif), dan aktivitas belajar siswa pada siklus II meningkat sebesar 84,00% (kategori aktif). Hasil belajar pada pra siklus 59 (kategori kurang baik), pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi 70,55 (kategori baik), dan pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 81,97 (kategori sangat baik). Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas V di SDN Sukowono 04 Jember. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PKn pokok bahasan kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V di SDN Sukowono 04 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Saran penelitian ini untuk guru kelas V di SDN Sukowono 04 Jember sebaiknya menjadikan metode role playing sebagai metode pembelajaran alternatif, khususnya dalam mata pelajaran PKn. Saran untuk kepala sekolah SDN Sukowono 04 Jember sebaiknya memotivasi guru yang lain untuk menerapkan metode role playing dalam pembelajaran. Saran untuk peneliti lain, sebaiknya menerapkan metode role playing pada pokok bahasan selain kebebasan berorganisasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di sekolah lainnya
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83275
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Berti Ria Novita Slamet - 130210204044_1.pdf6.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools