Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83154
Title: PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN MENCAMPUR WARNA PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK ILMU AL-QUR’AN SEMPUSARI KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Authors: Yuliati, Nanik
Syarifuddin
Hasanah, Umi
Keywords: METODE EKSPERIMEN MENCAMPUR WARNA
Issue Date: 8-Nov-2017
Abstract: Anak usia dini memiliki 5 aspek perkembangan, salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan adalah aspek perkembangan kognitif yang khusunya dalam pengenalan warna. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di TK Ilmu Al-qur’an Sempusari Kaliwates Jember diketahui bahwa kemampuan anak kelompok B1 dalam mengenal warna masih rendah. Ketuntasan belajar yang dilakukan pada proses prasiklus adalah sebesar 30,43 % dari 23 anak terdapat 16 anak memiliki kemampuan mengenal warna masih kurang. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di kelas kurang efektif guru masih terfokus pada kegiatan tanya jawab dan pemberian tugas yang ada pada lembar kerja anak (LKA) dalam pembelajaran mengenal warna. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan metode eksperimen mencampur warna dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode eksperimen mencampur warna dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna pada anak kelompok B1 di TK Ilmu Al-qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B1 dalam mengenal warna dengan menerapkan metode eksperimen mencampur warna dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna pada anak kelompok B1 di TK Ilmu Alqur’an Sempusari Kaliwates Jember Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83154
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Umi Hasanah 130210205063.pdf sdh.pdf3.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools