Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82969
Title: | Pandangan Dunia Iwan Simatupang dalam Drama RT Nol RW Nol dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra di SMA KelasX |
Authors: | .Endang Sri Widayati Furoidatul Husnia Ulum, Rofi’ Nihayatul |
Keywords: | IWAN SIMATUPANG DRAMA RT NOL RW NOL |
Issue Date: | 1-Nov-2017 |
Abstract: | Pandangan dunia merupakan kajian untuk memahamikarya sastra dan hubungannyadenganmasyarakat.Pengkajianpandanganduniamenjadisangatpenting, disebabkanpandanganduniamerupakanhalyangmenghubungkansecaralangsung denganmasyarakat.Sehubungandenganhaltersebut,naskahdrama RTNolRW Nol karyaIwanSimatupangmenarikuntukdikajidenganteoristrukturalismegenetik,karena sangatmenunjukkan perhatian terhadap keadaan sosialpadasaatkaryatersebut diciptakan.Halinididasarkan pada karya Iwan dengan tema kegelandangan dan masalah kenegaraan dipengaruhi oleh penyaksian Iwan Simatupang terhadap perjalanansejarahIndonesiayangrumitkarenakondisikemiskinandanketidakstabilan keamanannegara.Selainitu,jugadipengaruhioleheksistensialismeyangdianutoleh Iwan.PengkajiannaskahdramaRTNolRW Nolmelaluistrukturalismegenetikdiawali denganmemahamiunsurintrinsik,yaknipenokohandantemayangpentingdalam mendukunguntukmengungkapkanpandanganduniaIwanSimatupang.Hasilpenelitian tersebutdapatdigunakan sebagaialternatifmateripembelajaran sastra diSMA. Rumusanmasalahpenelitianiniadalah(1)Bagaimanakahunsurintrinsikdalam naskah dramaRTNolRW NolkaryaIwanSimatupangyangmeliputipenokohandantema?;(2) BagaimanakahpandanganduniaIwanSimatupangyangterefleksidalam naskahdrama RTNolRW NolkaryaIwanSimatupang;(3)Bagaimanakahpemanfaatanhasilpenelitian naskah dramaRT NolRW Nolkarya Iwan Simatupang sebagaialternatifmateri pembelajaransastradiSMAkelasXI?. Jenis dan rancangan penelitian iniadalah kualitatif-dekriptifstrukturalisme genetik.SumberdatapenelitianmencakupnaskahdramaRTNolRW NolkaryaIwan Simatupangdansilabuskurikulum 2013tingkatSMAkelasXIsemester2.Datadalam penelitianinimencakuppenggalanperistiwaberwujudkata-kata,kalimatdalam dialog danlakuanyangterdapatdalam naskahdramaRTNolRW NolkaryaIwanSimatupang. Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahteknikdokumentasidanwawancara. Teknik analisis data terdiridaritujuh tahap,yaknimembaca,pereduksian data, penyajian data, prosedur analisis data, penafsiran data, penyusunan materi pembelajaran,danpenarikankesimpulan. Hasildalam penelitianmenunjukkanbahwa,(1)Penokohandalam dramaRTNol RW NolkaryaIwanSimatupangmenunjukkanbahwapenokohanmasing-masingtokoh ceritadigambarkandenganpandangansikap-sikapnyadalam menyikapipandangan masyarakatdantindakanpemerintah,sehinggamelaluipelukisantokohinitercermin misipengarangataupandanganduniapengarangdalam menyikapipermasalahandi sekitarnya.Tema yang terdapatdalam dramaRT NolRW Nolialah keberadaan gelandangan.(2)PandanganduniaIwanSimatupangyangterefleksidalam dramaRT NolRW Nolterdapat2 hal,yaitu;pandangan dunia Iwan Simatupang tentang pemaknaan gelandangan dan masalah keamanan negara.Pandangan dunia Iwan Simatupangtentangpemaknaangelandangandapatdikategorikanmenjadi2,yakni pemaknaangelandanganberdasarkanperhatianIwanSimatupangkondisimasyarakat dan gelandangan sebagairepresentasidaripengarang.Pandangan Dunia Iwan Simatupangtentangmasalahkeamanannegaramerupakancerminanmasaordelama yang terdapatkrisis nasionalhingga ke bidang keamanan dan ekonomiyang ditunjukkanadanyakejahatan.(3)Hasilpenelitianinidapatdigunakansebagaialternatif materipembelajaransastradiSMAkelasXIsemester2padakurikulum 2013.KDyang dijadikanacuanadalahKD4.1:Menginterpretasimaknateksfilm/dramabaiksecara lisanmaupuntulisan.Siswadangurudapamembacanaskahdrama RTNolRW Nol untukdapatdigunakansebagaialternatifmateripembelajaran.Adapunlangkah-langkah pembelajaran yaitu: siswa diarahkan untukberdiskusisecara berkelompokuntuk mengidentifikasiunsurintrinsik(penokohandantema)teksnaskahdramaRTNolRW Noldan unsurekstrinsiknya,sertamenjelaskanhasildiskusitentangmaknateks dramatersebutdidepankelassecaralisan.Melaluikegiatantersebut,siswadiharapkan memilikipemahaman tentang wawasan kehidupan yang dapatditerapkan dalam kehidupansehari-hari. Saran dalam penelitian iniyaitu:(1)Bagimahasiswa PBSI,dapatdigunakan sebagaibahandalam mempelajaristrukturalismegenetik.(2)Bagigurumatapelajaran BahasadanSastraIndonesia,hasilpenelitianinidapatdigunakansebagaialternatif materipembelajaransastra,khususnyamateriinterpretasimaknateksdrama.(3)Bagi penelitiselanjutnyayangsebidangilmu,dapatmengembangkanpenelitiantentang pemanfaatansebagaialternatifmateripembelajaransebagaialternatifteksfilm yang belum terpenuhidalam pengkajianteksdrama. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82969 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Rofi’NihayatulUlum - 130210402079_1.pdf | 1.92 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools