Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82969
Title: Pandangan Dunia Iwan Simatupang dalam Drama RT Nol RW Nol dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra di SMA KelasX
Authors: .Endang Sri Widayati
Furoidatul Husnia
Ulum, Rofi’ Nihayatul
Keywords: IWAN SIMATUPANG
DRAMA RT NOL RW NOL
Issue Date: 1-Nov-2017
Abstract: Pandangan dunia merupakan kajian untuk memahamikarya sastra dan hubungannyadenganmasyarakat.Pengkajianpandanganduniamenjadisangatpenting, disebabkanpandanganduniamerupakanhalyangmenghubungkansecaralangsung denganmasyarakat.Sehubungandenganhaltersebut,naskahdrama RTNolRW Nol karyaIwanSimatupangmenarikuntukdikajidenganteoristrukturalismegenetik,karena sangatmenunjukkan perhatian terhadap keadaan sosialpadasaatkaryatersebut diciptakan.Halinididasarkan pada karya Iwan dengan tema kegelandangan dan masalah kenegaraan dipengaruhi oleh penyaksian Iwan Simatupang terhadap perjalanansejarahIndonesiayangrumitkarenakondisikemiskinandanketidakstabilan keamanannegara.Selainitu,jugadipengaruhioleheksistensialismeyangdianutoleh Iwan.PengkajiannaskahdramaRTNolRW Nolmelaluistrukturalismegenetikdiawali denganmemahamiunsurintrinsik,yaknipenokohandantemayangpentingdalam mendukunguntukmengungkapkanpandanganduniaIwanSimatupang.Hasilpenelitian tersebutdapatdigunakan sebagaialternatifmateripembelajaran sastra diSMA. Rumusanmasalahpenelitianiniadalah(1)Bagaimanakahunsurintrinsikdalam naskah dramaRTNolRW NolkaryaIwanSimatupangyangmeliputipenokohandantema?;(2) BagaimanakahpandanganduniaIwanSimatupangyangterefleksidalam naskahdrama RTNolRW NolkaryaIwanSimatupang;(3)Bagaimanakahpemanfaatanhasilpenelitian naskah dramaRT NolRW Nolkarya Iwan Simatupang sebagaialternatifmateri pembelajaransastradiSMAkelasXI?. Jenis dan rancangan penelitian iniadalah kualitatif-dekriptifstrukturalisme genetik.SumberdatapenelitianmencakupnaskahdramaRTNolRW NolkaryaIwan Simatupangdansilabuskurikulum 2013tingkatSMAkelasXIsemester2.Datadalam penelitianinimencakuppenggalanperistiwaberwujudkata-kata,kalimatdalam dialog danlakuanyangterdapatdalam naskahdramaRTNolRW NolkaryaIwanSimatupang. Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahteknikdokumentasidanwawancara. Teknik analisis data terdiridaritujuh tahap,yaknimembaca,pereduksian data, penyajian data, prosedur analisis data, penafsiran data, penyusunan materi pembelajaran,danpenarikankesimpulan. Hasildalam penelitianmenunjukkanbahwa,(1)Penokohandalam dramaRTNol RW NolkaryaIwanSimatupangmenunjukkanbahwapenokohanmasing-masingtokoh ceritadigambarkandenganpandangansikap-sikapnyadalam menyikapipandangan masyarakatdantindakanpemerintah,sehinggamelaluipelukisantokohinitercermin misipengarangataupandanganduniapengarangdalam menyikapipermasalahandi sekitarnya.Tema yang terdapatdalam dramaRT NolRW Nolialah keberadaan gelandangan.(2)PandanganduniaIwanSimatupangyangterefleksidalam dramaRT NolRW Nolterdapat2 hal,yaitu;pandangan dunia Iwan Simatupang tentang pemaknaan gelandangan dan masalah keamanan negara.Pandangan dunia Iwan Simatupangtentangpemaknaangelandangandapatdikategorikanmenjadi2,yakni pemaknaangelandanganberdasarkanperhatianIwanSimatupangkondisimasyarakat dan gelandangan sebagairepresentasidaripengarang.Pandangan Dunia Iwan Simatupangtentangmasalahkeamanannegaramerupakancerminanmasaordelama yang terdapatkrisis nasionalhingga ke bidang keamanan dan ekonomiyang ditunjukkanadanyakejahatan.(3)Hasilpenelitianinidapatdigunakansebagaialternatif materipembelajaransastradiSMAkelasXIsemester2padakurikulum 2013.KDyang dijadikanacuanadalahKD4.1:Menginterpretasimaknateksfilm/dramabaiksecara lisanmaupuntulisan.Siswadangurudapamembacanaskahdrama RTNolRW Nol untukdapatdigunakansebagaialternatifmateripembelajaran.Adapunlangkah-langkah pembelajaran yaitu: siswa diarahkan untukberdiskusisecara berkelompokuntuk mengidentifikasiunsurintrinsik(penokohandantema)teksnaskahdramaRTNolRW Noldan unsurekstrinsiknya,sertamenjelaskanhasildiskusitentangmaknateks dramatersebutdidepankelassecaralisan.Melaluikegiatantersebut,siswadiharapkan memilikipemahaman tentang wawasan kehidupan yang dapatditerapkan dalam kehidupansehari-hari. Saran dalam penelitian iniyaitu:(1)Bagimahasiswa PBSI,dapatdigunakan sebagaibahandalam mempelajaristrukturalismegenetik.(2)Bagigurumatapelajaran BahasadanSastraIndonesia,hasilpenelitianinidapatdigunakansebagaialternatif materipembelajaransastra,khususnyamateriinterpretasimaknateksdrama.(3)Bagi penelitiselanjutnyayangsebidangilmu,dapatmengembangkanpenelitiantentang pemanfaatansebagaialternatifmateripembelajaransebagaialternatifteksfilm yang belum terpenuhidalam pengkajianteksdrama.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82969
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rofi’NihayatulUlum - 130210402079_1.pdf1.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools