Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82244
Title: PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK HARMONIS DI SMAN BALUNG
Authors: WAHYUNI, Sri
BACHTIAR, Rayendra Wahyu
ULANDARI, Fitria Sulvi
Keywords: MODUL BERBASIS SAINTIFIK
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
MATERI GERAK HARMONIS
Issue Date: 19-Oct-2017
Series/Report no.: 130210102049;
Abstract: Modul berbasis saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi gerak harmonis memperoleh hasil validasi ahli sebesar 88,19 % dengan tingkat validitas sangat valid dan hasil uji validasi ahli menyatakan bahwa modul berbasis saintifik bisa digunakan dengan sedikit revisi supaya modul berbasis saintifik lebih sempurna. Selanjutnya pada validasi pengguna memperoleh hasil sebesar 100 % dengan tingkat validitas sangat valid dan validator pengguna menyatakan bahwa modul sesuai dengan yang diharapkan. Uji coba lapangan dilakukan di kelas X MIA 5 SMAN Balung dengan 3 kali pertemuan. Jumlah siswa yang digunakan dalam penelitian adalah 36 siswa. Dalam uji coba lapangan ini diperoleh 2 data yaitu data hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa untuk menunjukkan keefektifan modul berbasis saintifik dan data hasil angket respon siswa untuk menunjukkan kepraktisan modul berbasis saintifik. Data hasil tes kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui pretest dan posttest saat sebelum dan sesudah menggunakan modul berbasis saintifik. Nilai rata-rata pretest dan posttest yang dihasilkan yaitu 19,97 dan 62,47 dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,53 yang menunjukkan kategori sedang. Demikian pula dengan data hasil angket respon yang memperoleh persentase sebesar 88,68 % yang menunjukkan bahwa modul berbasis saintifik sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa 1) modul berbasis saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi gerak harmonis telah valid berdasarkan hasil validasi ahli dan validasi pengguna yaitu dengan tingkat validitas sangat valid, 2) hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh skor N-Gain sebesar 0,53 dengan kategori sedang dan dapat dikatakan bahwa modul berbasis saintifik tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam ranah kognitif, begitu juga dengan hasil belajar afektif (sikap sosial dan spiritual) dan hasil belajar psikomotor (keterampilan dalam percobaan) juga mengalami peningkatan selama 3 kali pertemuan, sehingga modul berbasis saintifik dapat dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran, 3) modul berbasis saintifik mendapatkan respon positif dari siswa dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran berdasarkan persentase angket respon yang diberikan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82244
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fitria Sulvi Ulandari - 130210102049_.pdf4.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools