Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82018
Title: PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KEDAI KULINER MISTER TE JEMBER
Authors: Khristianto, Wheny
Julianto, Didik Eko
Kurniawan, Devid
Keywords: Citra Merek
Persepsi Kualitas
Keputusan Pembelian Konsumen
Issue Date: 9-Oct-2017
Abstract: Salah satu usaha kuliner yang kreatif dan inovatif di Jawa Timur, terdapat sebuah kedai kuliner di Jember yakni kedai kuliner Mister Te. Kedai yang beralamatkan di Jalan Tawang Mangu no. 62 B, Tegal Gede – Jember. Produk makanan utama yang dijual yaitu mie ayam jamur dan bakso gulung yang terbuat dari bahan baku MOCAF (Modified Cassava Flour) yang dikreasikan dengan rasa original dan pedas. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek (X1), persepsi kualitas (X2) dan harga (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan klasifikasi penelitian berdasarkan tujuannya yaitu eksplanasi, dimana statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya akan digeneralisasikan untuk populasi dimana sampel diambil. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kedai kuliner Mister Te Jember yang datang dan melakukan pembelian dalam kurun waktu yang ditentukan peneliti dan populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya, dimana peneliti menentukan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian koefisien dari analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa: 1) variabel citra merek (X1) berpengaruh secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada kedai kuliner Mister Te, 2) variabel persepsi kualitas (X2) berpengaruh secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada kedai kuliner Mister Te, 3) variabel harga (X3) berpengaruh secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada kedai kuliner Mister Te, 4) variabel citra merek (X1), variabel persepsi kualitas (X2) dan variabel harga (X3) berpengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada kedai kuliner Mister Te. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah adanya pengaruh citra merek, persepsi kualitas, dan harga baik secara parsial maupun simultan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek merupakan variabel yang paling berpengaruh dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Namun harga merupakan variabel yang memiliki tingkat pengaruh yang rendah terhadap keputusan pembelian konsumen pada kedai kuliner Mister Te Jember. Dengan demikian maka citra merek yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian di kedai kuliner Mister Te Jember. Hal ini menunjukkan bahwa alasan utama keputusan konsumen untuk melakukan pembelian di kedai kuliner Mister Te Jember lebih melihat citra merek dibandingkan harga meskipun sama-sama menujukkan nilai yang signifikan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82018
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Devid Kurniawan_.pdf5.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools