Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81963
Title: IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN TAHAPAN BCA DI KANTOR CABANG BCA JEMBER
Authors: Santoso, Kabul
Windradini B.P., Dwi
PURNOMO, ADI WAHYU
Keywords: STRATEGI PEMASARAN
TABUNGAN TAHAPAN BCA
KANTOR CABANG BCA JEMBER
Issue Date: 6-Oct-2017
Abstract: Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pembahasan, dapat ditarik kesimpulan tentang implementasi strategi pemasaran produk tabungan Tahapan BCA pada PT. Bank Central Asia Kantor Cabang Jember adalah sebagai berikut : 1. Formulasi strategi pemasaran produk tabungan Tahapan BCA yang dibuat oleh CEO PT. Bank Central Asia telah dapat diimplementasikan. 2. Implementasi strategi pemasaran produk tabungan Tahapan BCA mengacu pada kebijaksanaan Kantor Pusat Bank Central Asia, yang dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan Bank Central Asia Kantor Cabang Jember. 3. Strategi Kantor Pusat Bank Central Asia dilakukan untuk memobilisasi dana masyarakat melalui pengembangan Program. Anggaran dan Prosedur yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan Bank Central Asia Kantor Cabang Jember, dengan penjelasan sebagai berikut : a. Program Dalam menerapkan program yang telah ditetapkan, Bank Central Asia Kantor Cabang Jember melaksanakannya melalui pengembangan marketing mix atau bauran pemasaran, antara lain: 1. Produk Bank Central Asia mengeluarkan beberapa kebijaksanaan, seperti : memfokuskan pemasaran pada produk tabungan Tahapan BCA, penempatan mesin ATM BCA di berbagai tempat strategis, memberikan pilihan kartu ATM BCA dan memperbaharui persyaratan untuk menjadi nasabah tabungan Tahapan BCA. 2. Harga Keputusan harga dibuat karena adanya perubahan harga untuk produk lama dan pesaing mengadakan perubahan harga pada produk yang sejenis. Kebijaksanaan Bank Central Asia adalah menetapkan besarnya suku bunga pada produk tabungan Tahapan BCA. 3. Lokasi / Distribusi / Place PT. Bank Central Asia Kantor Cabang Jember berlokasi di Jalan Gajah Mada No.14-1 8 yang merupakan pusat perekonomian di Kabupaten Jember. Sedangkan untuk distribusi pelayanan jasa kepada para nasabahnya, Bank Central Asia Kantor Cabang Jember dibantu oleh tujuh Kantor Cabang Pembantu, yaitu : Bondowoso, Tanggul, Trunojoyo, Ambulu, Rambipuji, Kalisat dan Balung. 4. Promosi Produk tahungan Taiwan BCA di promosikan melalui tiga cara, yaitu: promosi penjulan, iklan dan publisitas. Promosi penjualan seperti: pemberian souvenir. acara Gebyar BCA dan undian Gebyar Millenium. Iklan seperti melalui promosi di media cetak dan media etektronik. Sedangkan publisitas seperti melalui pemberian sumbangan untuk berbagai kegiatan yang sifatnya membangun. b. Anggaran Anggaran (budget) oleh Bank Central Asia diperlukan untuk melaksanakan program-program yang telah disusun oleh perusahaan. Program yang dimaksud adalah program pemasaran tabungan Tahapan BCA yang dikembangkan melalui bauran pemasaran. c. Prosedur Dalam rangka masyarakat untuk menjadi nasabah tabungan Tahapan BCA, Bank Central Asia memiliki prosedur untuk menjadi nasabah atau untuk memiliki rekening tabungan Tahapan BCA tersebut. Yaitu, calon nasabah yang bersangkutan harus mengisi formulir pembukaan rekening tabungan Tahapan BCA dan menyetujui Ketentuan-Ketentuan Tabungan Tahapan BCA. 4. Implementasi strategi pemasaran yang dilakukan Bank Central Asia Kantor cabang Jember terutama kegiatan promosi memiliki hubungan yang erat dengan pergerakan jumlah dana masyarakat yang dapat dihimpun melalui produk tabungan, khususnya tabungan Tahapan BCA.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81963
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Adi Wahyu Purnomo 960910202148.pdf21.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools