Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/8188
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTita Puspitasari-
dc.date.accessioned2013-12-11T08:33:39Z-
dc.date.available2013-12-11T08:33:39Z-
dc.date.issued2013-12-11-
dc.identifier.nimNIM100810201218-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8188-
dc.description.abstractSetiap perusahan shampo berusaha mengungguli perusahaan shampo yang lain dengan melaksanakan program pemasaran yang efektif. Persaingan yang ketat antar perusahaan shampo ini menimbulkan strategi segmentasi konsumen yang berbeda pada setiap perusahaan. Strategi memenangkan persaingan perusahaan harus melakukan segmentasi pasar, dengan melakukan segmentasi perusahaan dapat mengetahui segmen-segmen mana yang perlu mendapatkan pelayanan khusus sehingga diharapkan perusahaan dapat melayani konsumen lebih baik lagi dan dapat memperbaiki posisi kompetitif perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segmen pasar shampo berdasarkan atribut produk di Kabupaten Jember serta untuk mengetahui merek shampo apa saja yang ada pada masing-masing segmen pasar produk shampo di Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan memilih responden yang berdomisili di wilayah Kabupaten Jember dengan umur minimal 17 tahun, dengan asumsi pada usia tersebut konsumen dapat mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan sendiri dan yang telah menggunakan salah satu shampo merek Sunsilk, Dove, Pantene, Clear, dan Rejoice. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada 90 responden ditentukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling artinya teknik pengambilan sampel dengan membagi kelompok populasi menjadi beberapa subkelompok berdasarkan kriteria yang berhubungan dengan variabel dalam penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Cluster untuk mengelompokkan objek (responden, konsumen, produk, dan lain-lain) menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai Cluster. Segmen pasar shampo berdasarkan atribut produk di Kabupaten Jember adalah terbentuk menjadi 3 cluster, yaitu cluster 1 adalah responden yang mementingkan atribut aroma dan lembut. Agar dapat mencerminkan atributatribut tersebut maka cluster 1 sebanyak 36 orang (40%) diberi nama “Cluster Kelembutan”. Cluster 2 sebanyak 23 orang (25,6%) adalah responden yang mementingkan atribut harga, merek, busa dan warna. Agar dapat mencerminkan atribut-atribut tersebut maka cluster 2 diberi nama “Cluster Produk”. Cluster 3 sebanyak 31 orang (34%) adalah responden yang mementingkan atribut kemasan, bersih dan kental. Agar dapat mencerminkan atribut-atribut tersebut maka cluster 3 diberi nama “Cluster Keunggulan”. Dari hasil analisis dapat di nyatakan bahwa responden lebih banyak melihat atribut kelembutan (aroma dan lembut) dalam menentukan pembelian produk shampo. Merek shampo yang ada pada masing-masing segmen pasar di Kabupaten Jember adalah kelompok 1 meliputi terdiri dari Dove, Rejoice dan Pantene. Kelompok 2 adalah shampo Clear. Dan kelompok 3 adalah Sunsilk.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100810201218;-
dc.subjectSegmentasi Pasaren_US
dc.titleAnalisis Segmentasi Pasar Produk Shampo Di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tita Puspitasari - .100810201218_1.pdf144.05 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools