Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81333
Title: PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A2 MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA POP UP BOOK DI TK DARUS SHOLAH TEGAL BESAR JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Authors: Khutobah
Misno
Miratanti, Dwi Qorini
Keywords: Kemampuan Berbicara
Metode Bercerita
Media Pop Up Book
Issue Date: 21-Aug-2017
Abstract: Keterampilan berbicara merupakan suatu keterampilan berbahasa yang digunakan oleh seseorang untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Keterampilan berbicara tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, tetapi bagi anak usia dini keterampilan berbahasa ini dapat digunakan untuk mengungkapkan perasaan, ide ataupun gagasannya. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru kelompok A2 TK Darus Sholah Tegal Besar Jember pada tanggal 06 September 2016 dapat diuraikan bahwa kemampuan berbicara pada anak masih rendah, anak belum mampu bercerita dan berbicara karena media yang digunakan saat bercerita kurang menarik yaitu menggunakan majalah yang tidak berwarna, selain itu anak juga kurang mendapatkan latihan berbicara, dalam kegiatan sehari-hari guru hanya memberikan tugas dengan mewarnai, kolase, dan menulis. Oleh karena itu agar kemampuan berbicara anak dapat meningkat diperlukan suatu metode pembelajaran yang relevan dan sesuai untuk mengatasi masalah tersebut yaitu metode bercerita. Metode bercerita dapat dilakukan dengan bantuan alat peraga atau media diantaranya yaitu media pop up book. Pop Up Book adalah sebuah buku bergambar 3 dimensi yang dapat bergerak saat halamannya dibuka.Berdasarkan temuan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah penerapan metode bercerita dengan media pop up book dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A2 di TK Darus Sholah kecamatan Kaliwates kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017? (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok A2 melalui metode bercerita dengan media pop up book di TK Darus Sholah kecamatan Kaliwates kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A2 melalui metode bercerita dengan media pop up book di TK Darus Sholah kecamaran Kaliwates kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah anak kelompok A2 TK Darus Sholah Tegal Besar Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A2 dilaksanakan melalui 2 siklus. Pada siklus I guru membagi anak mejadi 3 kelompok, guru meminta anak untuk bercerita, anak bercerita satu-persatu. Hambatan yang diperoleh yaitu terdapat anak yang hanya mampu mengucapkan 2 kalimat dengan jelas, anak kurang percaya diri saat bercerita di depan kelas, anak mampu menunjukkan gerak-gerik dan mimik tetapi tidak sesuai dengan cerita. Solusi dalam penerapan siklus I yaitu guru membantu dengan memberi aba-aba pada kata awal dikalimat yang diucapkan dalam cerita, guru memberi motivasi dengan cara memberi nasihat kepada anak agar percaya diri saat bercerita di depan kelas, guru membantu anak menunjukkan gerak-gerik dan mimik wajah sesuai cerita dengan memberi contoh berulang kali. Pelaksanaan siklus II sama dengan siklus I tetapi cerita yang dibacakan dan tugas yang diberikan berbeda. Hambatan yang diperoleh dalam pelaksanaan siklus II yaitu anak saling berebut untuk bercerita terlebih dahulu menggunakan media pop up book, solusi yang dilakukan yaitu agar anak tidak berbut guru membuat kesepakatan pada anak, siapa yang tidak ramai dan duduknya paling rapi akan bercerita terlebih dahulu. Peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok A2 setelah dilakukan tindakan hasilnya adalah 52,63 pada prasiklus, siklus I 74,58, kemudian 87,33 pada siklus II. Saran bagi guru adalah guru hendaknya lebih sering menerapkan metode bercerita dalam pembelajaran. Hendaknya guru lebih meminimalisir penggunaan majalah yang isinya tentang menulis atau membaca dan lebih menekankan pada kegiatan praktik berbicara agar anak terlatih dan terbiasa dalam berbicara
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81333
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dwi Qorini Miratanti_1.pdf4.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools