Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/8125
Title: Penentuan Strategi Pemasaran terhadap Ritel Tradisional di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
Authors: Riska Putri Pertiwi
Keywords: Strategi Pemasaran
Issue Date: 11-Dec-2013
Series/Report no.: 080810291019;
Abstract: Persaingan usaha yang semakin lama semakin pesat mengakibatkan munculnya perusahaan-perusahan baru seperti supermarket, minimarket, hipermarket di dalam dunia usaha. Namun keberadaan ritel ritel tradisional masih cukup dibutuhkan dalam konteks untuk melayani segmen ekonomi bawah. Jika pada awalnya ritel ritel tradisional cukup dikelola dengan cara tradisional, tanpa dukungan tehnologi memadai, tanpa pendekatan manajemen modern, tanpa berfokus pada kenyamanan dan keinginan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. pergeseran pola perilaku belanja pelanggan terdeteksi dari sejumlah studi yang dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas belanja pelanggan tidak hanya dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan akan barang-barang keperluan hidupnya, Namun lebih luas mengarah pada terpenuhinya kebutuhan untuk kehidupan sehari-hari. terlihat jelas bahwa kondisi inilah yang mendorong bisnis ritel tradisional mulai harus peka menanggapi kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi, jika mereka ingin tetap bertahan hidup dalam lingkungan persaingan bisnis ritel yang semakin tajam. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan strategi yang cocok untuk ritel tradisional dengan menggunakan metode analisis SWOT. Populasi penelitian ini adalah pelaku/pemilik ritel tradisional dan konsumen di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden, dengan pembagian pelaku/pemilik ritel tradisional sebanyak 40 responden dan konsumen ritel sebanyak 40 responden. Penelitian ini menggunakan Metode Kajian Tindak Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kecamatan Sumbersari Jember berada pada kuadran III, Ritel tradisional di Kecamatan Sumbersari seharusnya menetapkan strategi berbenah diri a. Penambahan produk-produk baru yang sebelumnya belum pernah ada atau barang-barang yang sedang banyak dicari konsumen, meningkatkan keluasan dan kedalaman item barang yang sudah ada atau dengan kata lain adalah dengan menambah variasi produk yang dijual. b. Lebih mempercantik tampilan lay out barang dagangan, sehingga akan lebih menarik minat konsumen untuk membeli produk. c. Meningkatkan kualitas layanan
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8125
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Riska Putri Pertiwi - 080810291019_1.pdf326.62 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools