Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80667
Title: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A MELALUI PERMAINAN BUBUR KERTAS BEKAS DI TK SISWA BUDHI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Authors: KHUTOBAH
YULIATI, Nanik
PENGESTINA, Ratna
Keywords: KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK
PERMAINAN BUBUR KERTAS BEKAS
Issue Date: 3-Aug-2017
Series/Report no.: 130210205076;
Abstract: Penelitian ini dilakukan di TK Siswa Budhi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 semester genap. Subjek penelitian adalah 11 anak kelompok A yang terdiri dari 4 laki-laki dan 7 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain penelitian yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang diguanakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penerapan permainan bubur kertas bekas dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga pertemuan. Siklus I dilakukan dengan mengajak anak untuk membuat bubur adonan bubur kertas bekas. Setelah itu guru mendemonstrasikan kegiatan merobek, menggunting, meremas, membentuk, dan mencetak. Kemudian anak dipersilahkan untuk memilih kegiatan yang akan dikerjakan sesuai dengan contoh yang diberikan guru. Pelaksanaan siklus II hampir sama dengan siklus I tetapi, ada beberapa perbaikan pada kegiatan perencanaan yang didasarkan pada siklus I, siklus II terdiri dari dua pertemuan. Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Siswa Budhi dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 57,95, siklus I 62,27, siklus II pertemuan 1 75, dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 82,27. Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa permainan bubur kertas bekas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Saran yang dapat disampaikan kepada guru ketika menerapkan permainan yaitu, hendaknya mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan dalam permainan, memberikan peraturan tata tertib kepada anak saat pembelajaran, menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan permainan bubur kertas yang akan dilakukan anak dengan rinci serta menyuruh anak mengikuti gerak tangan yang dicontohkan guru.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80667
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ratna Pangestina - 130210205076_.pdf2.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools