Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80315
Title: Pengembangan paket soal berdasarkan TIMSS 2015 mathematics framework untuk mengukur kemampuan Berpikir kritis siswa SMP kelas VII
Authors: Dafik
Tirta, I Made
Shodiq, Lukman Jakfar
Keywords: Pengembangan Paket Soal
TIMSS 2015 Mathematics Framework
Issue Date: 11-Jul-2017
Series/Report no.: 140220101026;
Abstract: sebagai bekal hidup. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran wajib dalam sekolah merupakan sarana tepat untuk melatih berpikir kritis siswa melalui latihan soal. TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) merupakan salah satu survey internasional yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran Matematika yang terdiri dari dimensi konten dan kognitif. Di dalam soal TIMSS 2015 Mathematics Framework terdapat indikator soal dengan level reasoning yaitu soal dengan indikator analisis, sintesis, evaluasi, generalisasi, menyimpulkan dan menjustifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan paket tes dan memperoleh hasil pengembangan paket soal berdasarkan TIMSS 2015 Mathematics Framework untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII. Proses pengembangan paket tes disesuaikan dengan model 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Setiap paket tes terdiri dari 10 butir soal uraian untuk mengukur kecakapan berpikir kritis analisis, interpretasi, evaluasi, inference, dan regulasi diri. Dimensi konten yang dikembangkan ialah bilangan, aljabar, gemetri, data dan peluang. Kriteria penskoran berdasarkan langkah IDEALS (Identify, Difine, Enumerate, Analyze, List, Self-Correct) dengan respon tes berupa politomus ordinal skor 1-5.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80315
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
lukman jakfar s 140220101026.pdf8.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools