Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80014
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Alkornia, Sylva | - |
dc.date.accessioned | 2017-04-03T01:59:49Z | - |
dc.date.available | 2017-04-03T01:59:49Z | - |
dc.date.issued | 2017-04-03 | - |
dc.identifier.issn | 0852-601X | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80014 | - |
dc.description | Pancaran, Vol. 5, No. 4, hal 143-158, November 2016 | en_US |
dc.description.abstract | Berkembangnya PAUD saat ini diikuti dengan peningkatan kesadaran orang tua untuk memberikan pendidikan bagi anak diusia sedini mungkin yang diimbangi dengan pelayanan pendidikan anak diusia dini yang memiliki kualitas baik dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya jalur pendidikan non formal. Salah satunya adalah dengan menyediakan tenaga pendidik kualifikasi kompetensi pedagogic dan professional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 guru kelas PAUD Dharma Wanita yang menjadi Binaan SKB Situbondo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAUD tersebut mempunyai peran yang sangat penting bagi pendidikan. Sebagai guru pada PAUD tersebut guru bukan hanya menyampaikan materi di dalam kelas tetapi juga harus melakukan penanganan terhadap anak saat anak mengalami kesulitan ataupun masalah dalam perkembangan peserta didiknya. Dalam pendidikan anak usia dini seorang guru PAUD dituntut untuk memiliki dan mengembangkan kompetensi yang dimilikinya tersebut yaitu kompetensi pedagogic dan profesional. Peningkatan kompetensi pedagogic dan profesional guru PAUD dilakukan secara berkesinambungan oleh kepala lembaga SKB, organisasi HIMPAUDNI dan guru PAUD tersebut. Upaya peningkatan yang dapat mendukung peningkatan kompetensi pedagogic dan professional yang dilakukan oleh guru PAUD Dharma Wanita Binaan SKB Situbondo yaitu dengan mengikuti kegiatan pelatihan dan mengikuti seminar, memanfaatkan media cetak/media massa dan media elektronik, peningkatan profesi melalui belajar sendiri, mengikuti kursus, dan aktif dalam organisasi keguruan yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran. Sedangkan dalam upaya lembaga pendidikan non formal bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan pengadaan lokakarya (workshop), mendukung ide-ide baru dari guru, dan termotivasi guru untuk membuat karya tulis ilmiah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Kompetensi | en_US |
dc.subject | Pedagogik | en_US |
dc.subject | Profesional | en_US |
dc.subject | Guru PAUD | en_US |
dc.title | STUDI DESKRIPTIF KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONALISME GURU PAUD DHARMA WANITA BINAAN SKB SITUBONDO | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
11. STUDI DESKRIPTIF KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONALISME_Sylva Alkornia.pdf | 195.27 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.