Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79493
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHASSANUDIN, Akhmad-
dc.contributor.advisorMA'RUF, M. Farid-
dc.contributor.authorMAULIDIA, Lia-
dc.date.accessioned2017-03-07T04:14:46Z-
dc.date.available2017-03-07T04:14:46Z-
dc.date.issued2017-03-07-
dc.identifier.nimNIM121910301126-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79493-
dc.description.abstractJalan merupakan prasarana transportasi yang sangat penting bagi pengendara. Kerusakan jalan dapat terjadi oleh beberapa faktor antara beban kendaraan yang berlebihan (overloading), keadaan iklim dan lingkungan yang berubah-ubah, kurang baiknya sistem drainase yang menyebabkan genangan air, beban lalu lintas yang tinggi, perencanaan yang kurang tepat, pelaksanaan yang tidak sesuai dengan rencana yang ada, dan kurangnya pengawasan kondisi jalan. Lokasi penelitian berada pada jalan Balung-Kemuningsari. Jalan Balung- Kemuningsari ini merupakan jalan alternatif yang melewati kecamatan Balung dan kecamatan Jenggawah. Jalan yang diteliti sepanjang 6 kilometer dari sta 0+000-sta 6+000 dengan membagi menjadi 60 segmen per 100 m berdasarkan peraturan Bina Marga Tahun 1990. Untuk mendapatkan nilai PCI terlebih dahulu menghitung nilai density (Kadar Kerusakan), menghitung nilai deduct value (nilai pengurangan), menghitung nilai total deduct value (TDV), menghitung nilai corrected deduct value (CDV), menghitung nilai pavement condition index (PCI). Kemudian dapat diketahui klasifikasi jalannya berdasarkan dari nilai PCI tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diketahui 4 jenis kerusakan pada jalan Balung- Kemuningsari yaitu retak kulit buaya, keriting, rusak tepi perkerasan dan lubang. Jalan Balung-Kemuningsari termasuk dalam klasifikasi jalan dengan kualitas sedang dengan nilai pci 51,8 dan berdasarkan presentase kondisi jalan yang rusak pada jalan balung-kemuningsari yaitu 54% yang terdiri dari 33% retak kulit buaya, 16% keriting, 0,5% retak pinggir, 5% lubang.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries121910301126;-
dc.subjectPERKERASAN JALANen_US
dc.subjectMETODE PAVEMENT CONDITION INDEXen_US
dc.titleEVALUASI TINGKAT KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (Studi Kasus: Jalan Balung-Kemuningsari, Jember)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lia Maulidia - 121910301126_.pdf2.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools