Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79485
Title: PENGEMBANGAN SOAL LITERASI MATEMATIKA QUANTITY CONTENT UNTUK SISWA SMP KELAS VIII
Authors: SUNARDI
SUGIARTI, Titik
FEBRIANTO, Joyo
Keywords: LITERASI MATEMATIKA
SISWA SMP
Issue Date: 7-Mar-2017
Series/Report no.: 110210101027;
Abstract: Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa paket soal dan angket siswa yang dikembangkan memperoleh nilai koefisien validitas ( a ) masingmasing sebesar 0,91 dan 0,88 dari validator sehingga berdasarkan tabel interpretasi koefisian validitas, soal dan angket yang dikembangkan dapat dikategorikan sangat tinggi (valid). Selain uji validitas dari validator, perangkat soal yang telah diujicobakan kepada siswa kemudian diuji validitas tiap butir soalnya. Setelah dilakukan perhitungan nilai validitas tiap butir soal, terdapat 12 butir soal yang valid, yang terdiri dari 2 butir soal level 1, 1 butir soal level 2, 1 butir soal level 3, 3 butir soal level 4, 3 butir soal level 5, dan 2 butir soal level 6. Soal yang dikembangkan memperoleh nilai reliabilitas 0,73 dan berdasarkan tabel kategori interpretasi koefisian reliabilitas, nilai tersebut dikategorikan tinggi sehingga soal literasi matematika yang dikembangkan dalam penelitian ini termasuk soal yang reliabel. Untuk pelevelan kemampuan literasi matematika siswa, berdasarkan perhitungan diketahui bahwa dari 20 orang siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Jember yang mengikuti uji coba tahap field test, terdapat 1 orang siswa atau 5% subjek uji coba yang termasuk kategori berkemampuan literasi matematika di bawah level 1, 13 orang siswa atau 65% subjek uji coba yang termasuk kategori berkemampuan literasi matematika level 1, 3 orang siswa atau 15% subjek uji coba yang termasuk kategori berkemampuan literasi matematika level 2, dan 3 orang siswa atau 15% subjek uji coba yang termasuk kategori berkemampuan literasi matematika level 3. Siswa yang termasuk kategori berkemampuan literasi matematika level 4 adalah 0 (0%), termasuk kategori berkemampuan literasi matematika level 5 adalah 0 (0%), dan kategori berkemampuan literasi matematika level 6 adalah 0 (0%). Untuk peneliti yang melakukan penelitian sejenis disarankan untuk lebih memanajemen waktu dan mengatur kesiapan siswa dalam pelaksanaan uji coba soal agar lebih efektif. Soal yang dikembangkan lebih diutamakan ke soal yang menguji kreativitas siswa, seperti soal uraian. Hal ini bertujuan agar membiasakan siswa untuk berpikir lebih kreatif dan memaksimalkan kemampuannya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79485
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Joyo Febianto - 110210101027_.pdf3.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools