Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79485
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSUNARDI-
dc.contributor.advisorSUGIARTI, Titik-
dc.contributor.authorFEBRIANTO, Joyo-
dc.date.accessioned2017-03-07T03:35:55Z-
dc.date.available2017-03-07T03:35:55Z-
dc.date.issued2017-03-07-
dc.identifier.nimNIM110210101027-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79485-
dc.description.abstractBerdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa paket soal dan angket siswa yang dikembangkan memperoleh nilai koefisien validitas ( a ) masingmasing sebesar 0,91 dan 0,88 dari validator sehingga berdasarkan tabel interpretasi koefisian validitas, soal dan angket yang dikembangkan dapat dikategorikan sangat tinggi (valid). Selain uji validitas dari validator, perangkat soal yang telah diujicobakan kepada siswa kemudian diuji validitas tiap butir soalnya. Setelah dilakukan perhitungan nilai validitas tiap butir soal, terdapat 12 butir soal yang valid, yang terdiri dari 2 butir soal level 1, 1 butir soal level 2, 1 butir soal level 3, 3 butir soal level 4, 3 butir soal level 5, dan 2 butir soal level 6. Soal yang dikembangkan memperoleh nilai reliabilitas 0,73 dan berdasarkan tabel kategori interpretasi koefisian reliabilitas, nilai tersebut dikategorikan tinggi sehingga soal literasi matematika yang dikembangkan dalam penelitian ini termasuk soal yang reliabel. Untuk pelevelan kemampuan literasi matematika siswa, berdasarkan perhitungan diketahui bahwa dari 20 orang siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Jember yang mengikuti uji coba tahap field test, terdapat 1 orang siswa atau 5% subjek uji coba yang termasuk kategori berkemampuan literasi matematika di bawah level 1, 13 orang siswa atau 65% subjek uji coba yang termasuk kategori berkemampuan literasi matematika level 1, 3 orang siswa atau 15% subjek uji coba yang termasuk kategori berkemampuan literasi matematika level 2, dan 3 orang siswa atau 15% subjek uji coba yang termasuk kategori berkemampuan literasi matematika level 3. Siswa yang termasuk kategori berkemampuan literasi matematika level 4 adalah 0 (0%), termasuk kategori berkemampuan literasi matematika level 5 adalah 0 (0%), dan kategori berkemampuan literasi matematika level 6 adalah 0 (0%). Untuk peneliti yang melakukan penelitian sejenis disarankan untuk lebih memanajemen waktu dan mengatur kesiapan siswa dalam pelaksanaan uji coba soal agar lebih efektif. Soal yang dikembangkan lebih diutamakan ke soal yang menguji kreativitas siswa, seperti soal uraian. Hal ini bertujuan agar membiasakan siswa untuk berpikir lebih kreatif dan memaksimalkan kemampuannya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries110210101027;-
dc.subjectLITERASI MATEMATIKAen_US
dc.subjectSISWA SMPen_US
dc.titlePENGEMBANGAN SOAL LITERASI MATEMATIKA QUANTITY CONTENT UNTUK SISWA SMP KELAS VIIIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Joyo Febianto - 110210101027_.pdf3.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools