Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79431
Title: TINDAK TUTUR BERTANYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 JEMBER
Authors: MUTIAH, Arju
WIDJAJANTI, AnIta
SISTYA, Devinta Riska
Keywords: TINDAK TUTUR BERTANYA
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Issue Date: 6-Mar-2017
Series/Report no.: 110210402006;
Abstract: Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember adalah langsung literal. Konteks pada tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember terdiri atas konteks kotekstual, konteks psikologi, konteks situasi, konteks aksional, dan konteks eksistensial. Konteks kotekstual terdapat dalam tindak tutur bertanya yang dipicu oleh tindak tutur sebelumnya. Konteks psikologis pada tindak tutur bertanya meliputi perasaan binggung, perasaan senang, kecewa atau tidak puas. Konteks situasi pada tindak tutur bertanya meliputi siswa kurang memperhatikan gurunya ketika mengajar di kelas dan situasi ramai di kelas. Konteks aksional pada tindak tutur bertanya berupa tindakan guru maupun siswa. Konteks eksistensial pada tindak tutur bertanya meliputi bel pulang sekolah berbunyi dan pada pagi hari jam pembelajaran pertama. Fungsi tindak tutur bertanya yang dituturkan oleh guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember terdiri atas (1) menggali informasi (2) memfokuskan siswa (3) membangkitkan motivasi siswa (4) menguji pemahaman siswa, sedangkan fungsi tindak tutur bertanya yang dituturkan oleh siswa terdiri atas (1) membangun pemahaman siswa dan (2) memperoleh perhatian guru. Berdasarkan pemaparan mengenai hasil dan pembahasan penelitian tersebut, terdapat beberapa saran yang perlu disampaikan kepada beberapa pihak yaitu; (1) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia disarankan membaca hasil penelitian ini untuk mengajukan berbagai permasalahan yang dapat diangkat sebagai bahan diskusi dalam matakuliah pragmatik dan microteaching; (2) guru bahasa Indonesia disarankan membaca hasil penelitian ini agar lebih mantap menggunakan tindak tutur bertanya bagi praktik pembelajaran yang dikelolanya; dan (3) peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian yang sejenis dengan bahasan yang lebih meluas dan mendalam pada aspek-aspek penelitian tindak tutur bertanya, misalnya berbagai respon dari tindak tutur bertanya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79431
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Devinta Riska Sistya - 110210402006_.pdf990.16 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools