Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79156
Title: | Penerapan Metode Brainstorming dengan Media Film dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS 2 MAN Bondowoso Tahun Ajaran 2015/2016 |
Authors: | Sumardi Marjono Dewi, Irene Selvia |
Keywords: | Metode Brainstorming Kemampuan Berpikir |
Issue Date: | 25-Jan-2017 |
Series/Report no.: | 120210302102; |
Abstract: | Pergeseran paradigma pembelajaran membuat pembelajaran yang bersifat behavioristik berubah ke pembelajaran konstruktivistik, sehingga pembelajaran yang terfokus pada pendidik bergeser ke pembelajaran yang berfokus pada peserta didik. Akan tetepi pada kenyataan yang ada di sekolah, masih banyak pendidik yang menerapkan pembelajaran yang bersifat behavioristik. Pendidik masih cenderung menerapkan metode konvensional terutama pada pembelajaran sejarah. Hal ini berdampak pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang rendah. Pembelajaran sejarah merupakan yang banyak terdapat konsep-konsep penting, luas, dan bersifat hafalan. Oleh karena itulah pendidik harus dapat menerapkan metode pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran, agar pembelajaran dapat berjalan secara kondusif. Begitu halnya pada peserta didik kelas XI IPS 2MAN Bondowoso tahun ajaran 2015/2016, mengalami beberapa permasalahan yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik, sehingga untuk menyelesaikan permasalahan tersebut pendidik menerapkan pembelajaran Brainstorming dengan menggunakan media film. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaituapakah penerapan metode pembelajaran Brainstorming dengan media film dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada pembelajaran sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Bondowoso tahun ajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Bondowoso tahun ajaran 2015/2016. Desain penelitian tindakan kelas menggunakan model Hopkins yang berbentuk spiral dengan 4 tahap tiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan metode Brainstorming dengan media film pada peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Bondowoso tahun ajaran 2015/2016. Siklus I kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal sebesar 66,39% termasuk kategori cukup. Siklus II kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal sebesar 73,20% termasuk kategori tinggi. Siklus III kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal sebesar 78,61% termasuk kategori tinggi. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan menggunakan metode Brainstorming dengan media film pada peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Bondowoso tahun ajaran 2015/2016. Siklus I ketuntasan hasil belajar peserta didik aspek kognitif secara klasikal sebesar 64,17. Siklus II ketuntasan hasil belajar peserta didik aspek kognitif secara klasikal sebesar 70,36%. Siklus III ketuntasan hasil belajar peserta didik aspek kognitif secara klasikal sebesar 77,03%. Kesimpulan hasil penelitian yaitu, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis hasil belajar pada pembelajaran sejarah dengan penerapan metode Brainstorming dengan media film pada peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Bondowoso tahun ajaran 2015/2016 yaitu dengan pelaksanaan siklus I, siklus II dan siklus III. Jadi, dengan penerapan metode Brainstorming dengan media film dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79156 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Irene Selvia Dewi.pdf | 3.45 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools