Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78979
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIndraningrat, Ketut-
dc.contributor.advisorPrasodjo, Adi-
dc.contributor.authorAlmira, Azalia Talitha-
dc.date.accessioned2017-01-20T02:21:37Z-
dc.date.available2017-01-20T02:21:37Z-
dc.date.issued2017-01-20-
dc.identifier.nim120810201257-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78979-
dc.description.abstractPelanggan merupakan seseorang yang secara berulang-ulang datang ke tempat yang sama ketika menginginkan untuk membeli barang atau jasa karena merasa puas dengan barang maupun jasa tersebut. Pelanggan merupakan faktor penting untuk mencapai target yang diharapkan. Berbagai pusat kebugaran berlomba-lomba memperlakukan pelanggan sebagai raja dan memberikan kualitas terbaik untuk pelanggan agar pelanggan merasa terpuaskan terhadap kinerja yang telah diberikan oleh produsen. Pusat kebugaran akan merasa berhasil memperoleh pelanggan dalam jumlah yang banyak apabila dinilai dapat memberikan kepercayaan bagi pelanggan. Sekarang ini ada berbagai strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan salah satunya adalah experiential marketing. Pengertian experiential marketing sendiri yaitu pendekatan pemasaran kepada pelanggan yang mengedepankan sense, feel, think, act dan relate. Banyaknya pesaing yang dihadapi oleh Sanggar Senam Nias Jember bukan hanya dari perusahaan yang memiliki fasilitas dan pelayanan yang sama tetapi juga dari perusahaan yang mempunyai fasilitas pusat kebugaaran lainnya sehingga menjadikan Sanggar Senam Nias Jember dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas jasa, kreativitas, dan membuat inovasi-inovasi baru yang dapat menarik pelanggan. Permasalahan lain yang dihadapi adalah mengingat perilaku konsumen yang berubahubah meskipun telah ada peningkatan jenis pelayanan kebugaran tubuh yang mampu memfasilitasi kebutuhan dan keinginan pelanggan, namun tidak diikuti dengan meningkatnya jumlah pelanggan yang menggunakan jasa tersebut. Dengan mengetahui kualitas jasa Sanggar Senam Nias Jember, diharapkan pihak pengelola dapat membuat strategi-strategi untuk menarik pelanggan agar menggunakan jasa yang ditawarkan serta menciptakan loyalitas pelanggan terhadap jasa yang digunakan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan atau member Sanggar Senam Nias Jember yang berjumlah 86 orang dan sudah aktif mengikuti senam di sanggar selama 3 bulan terakhir. Populasi terdiri atas 4 macam kelas yaitu senam yoga, zumba, aerobic, dan body language. Penentuan sampel dilakukan dengan metode metode probability sampling dimana setiap anggota populasi memiliki peluang sama dipilih menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Experiential Marketing yang terdiri atas Sense, Feel, Think, Act dan Relate secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Oleh karena itu adanya usaha dari sanggar senam nias untuk selalu update terhadap perkembangan bisnis terkait dan mengupayakan kedekatan emosional dengan pelanggan untu menciptakan loyalitas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectExperiential Marketingen_US
dc.subjectLoyalitas Pelangganen_US
dc.titlePENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SANGGAR SENAM NIAS JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Azalia Talitha Almira - 120810201257.pdf1.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools