Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78673
Title: ANALISIS BIPLOT UNTUK EVALUASI PENGAJARAN DI JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS JEMBER
Authors: HADI, Alfian Futuhul
FATEKUROHMAN, Mohamad
BASOFI, Muhammad
Keywords: BIPLOT
MATEMATIKA FMIPA
Issue Date: 16-Jan-2017
Series/Report no.: 121810101032;
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui sampai sejauh mana bahan yang diajarkan oleh tenaga pengajar sudah dapat diterima oleh mahasiswa. Hal ini menentukan apakah tenaga pengajar harus menggantikan cara menerangkan materi atau strategi mengajar, supaya mahasiswa dalam mendengarkan merasa nyaman dan mengerti. Data yang digunakan ada 2 macam yaitu data berdasarkan dosen dan variabel serta matakuliah dan variabel. Berdasarkan data dosen dan variabel mampu menerangkan 99,98% dari total keragaman data yang sebenarnya. Hal ini menunjukkan bahwa interpretasi yang dihasilkan mampu menerangkan dengan baik hubungan antara kinerja pengajaran dosen di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember dengan variabel penilaian dosen disetiap semesternya pada tahun 2015/2016. Keunggulan peubah untuk dosen menyebar merata disetiap kuadran pada gambar analisis biplot. Sedangkan untuk data matakuliah dan variabel mampu menerangkan 99,97% dari total keragaman data yang sebanarnya. Hal ini menunjukkan bahwa interpretasi yang dihasilkan mampu menerangkan dengan baik hubungan antara matakuliah yang disampaikan dosen saat mengajar di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember dengan variabel penilaian kuisoner disetiap semesternya pada tahun 2015/2016. Keunggulan peubah untuk mata kuliah yang diampu dosen juga mentebar merata di setiap kuadran pada gambar analisis biplot.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78673
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Muhammad Basofi - 121810101032 #.pdf2.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools