Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77699
Title: PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA YANG MENGERJAKAN TUGAS SECARA KELOMPOK DENGAN YANG MENGERJAKAN TUGAS SECARA INDIVIDU PADA BIDANG STUDI EKONOMI KELAS II CAWU I DI SLTP NEGERI 1 KEBOMAS GRESIK TAHUN PELAJARAN 2001 / 2002
Authors: Kantun, Sri
Hari P, Bambang
Herlina, Mina
Keywords: Prestasi belajar
Aktivitas Tugas secara kelompok
Aktivitas Tugas secara Individu
Issue Date: 14-Nov-2016
Abstract: Tugas kelompok yang diberikan guru terhadap siswa dapat meningkatkan sifat kerjasama siswa, sementara tugas secara individu dapat melatih siswa untuk bekerja secara mandiri. Kedua tugas tersebut akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan prestasi belajar siswa yang ditinjau dari aktivitas siswa yang mengerjakan tugas secara kelompok dan individu pada bidang studi ekonomi. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 21-07-01 sampai 05-09-01 selama cawu I. Sedangkan untuk menentukan responden digunakan metode Cluster Random Sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas 2D mengerjakan tugas secara kelompok dan kelas 2E mengerjakan tugas secara individu. Untuk memperoleh data digunakan metode tes sebagai metode utama, sedangkan wawancara, observasi sebagai pelengkap. Hasil analisis data dengan menggunakan Uji t tes didapat nilai t - hitung = 5,81 sedangkan pada taraf signifikansi 5% db = 85 diperoleh nilai t tabel 1,66 dan ini berarti t hilung > t tabel. Nilai rata-rata yang mengerjakan tugas secara secara kelompok IID 82,04 sedangkan nilai rata-rata yang mengerjaltan tugas secara individu IIE = 72,73, sehingga tugas kelompok lebih baik dari tugas secara individu
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77699
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mina Herlina 960210301081_erw.pdf16.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools