Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77356
Title: Analisis Kesesuaian Karakteristik Indikator 5M (Mengamati, Menanya, Menggali informasi, Menalar dan Menyajikan) Pada Buku Matematika Kelas VII K13
Authors: Sunardi
I Made Tirta
M Qoyum Zuhriawan
Sunardi
I Made Tirta
Keywords: pembelajaran saintifik, indikator saintifik
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Analisis terhadap buku mmatematika kelas VII K13 dilakukan berdasarkan langkah saintifik yang tertera pada Permendikbud nomor 103 tahun 2014 dan langkah ilmiah John Dewey. Dalam Permendikbud telah diberikan deskripsi kegiatan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berbasis saintifik, akan tetapi masih bersifat global untuk diaplikasikan dalam pembelajaran maematika. Langkah ilmiah John Dewey terdapat enam langkah ilmiah. Dari hasil analisis didapatkan deskripsi dan karakteristik kegiatan yang dianggap spesifik dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Deskripsi kegiatan tersebut dapat terinci sebagai barikut: indikator mengamati terdapat empat kegiatan, indikator menanya terdapat tiga kegiatan, indikator menggali informasi terdapat enam kegiatan, indikator menalar terdapat tiga kegiatan dan indikator menyajikan terdapat dua kegiatan. Dan kesesuaian pada buku adalah mengamati 100%, menanya 66,66%, menggali informasi 60,21%, menalar 100% dan menyajikan 47,22%.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77356
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
M. Qoyum Zuhriawan, S.Pd..odt243.9 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.