Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77331
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHari Satrijono-
dc.contributor.advisorSihono-
dc.contributor.authorFitri Yuliati Pratiwi-
dc.contributor.authorHari Satrijono-
dc.contributor.authorSihono-
dc.date.accessioned2016-11-02T08:02:38Z-
dc.date.available2016-11-02T08:02:38Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77331-
dc.description.abstractTujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau dampak dari suatu perlakuan (treatment) tertentu terhadap perubahan suatu kondisi atau keadaan tertentu. Penerapan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih kurang bervariasi yang memungkinkan anak kurang termotivasi dalam belajar. Selain itu terbatasnya interaksi antar siswa pada waktu pembelajaran membuat peserta didik kurang leluasa untuk saling bertukar perndapat, ide, maupun gagasan, hal tersebut menjadikan anak kurang bersemangat karena pembelajaran yang monoton seperti biasa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Menampu 03 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan sampel penelitian terdiri atas 40 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dilaksanakan selama 6 hari, sejak tanggal 27 April sampai 3 Mei 2016. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas. Uji homogenitas bertujuan untuk mengetahui kondisi suatu kelas homogen atau tidak homogen. Hasil penelitian menunjukkan harga= 3,258, kemudian harga dikonsultasikan dengan yang memiliki pada taraf signiikansi 5%, nilai db = 38 mempunyai = 2,0252. Berdasarkan penghitungan tersebut dapat diketahui bahwa > (3,258 > 2,0252). Hal tersebut menunujukkan bahwa hipotesis nihil ditolak () dan hipotesis alternatif () diterima. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan pada penerapan model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kemampuan membaca menemukan pikiran pokok bacaan siswa kelas IV SDN Menampu 03 Jember diterima.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmodel pembelajaran CIRC, pikiran pokok bacaan, hasil belajar, penelitian eksperimenen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Kemampuan Membaca Menemukan Pikiran Pokok Bacaan Siswa Kelas IV SDN Menampu 03 Jemberen_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FITRI YULIATI PRATIWI.odt518.66 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.