Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77264
Title: | Perbandingan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran Problem Based Instruction Dan Pembelajaran Problem Based Instruction Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Aritmatika Sosial Kelas VII Semester Ganjil |
Authors: | Suharto Dafik Dio Riyanto Dafik Suharto |
Keywords: | perbandingan, keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan model pembelajaran. |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa materi pokok aritmatika sosial pada model pembelajaran matematika PBI dan PBI dengan pendekatan saintifik. Model penelitian eksperimen mengacu pada model PBI dan PBI dengan pendekatan saintifik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-F sebagai kelas kontrol SMPN 11 Jember pada semester ganjil tahun akademik 2015-2016. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan angket. Validitas instrumen secara berturut-turut adalah 0,5577; 0,5742; 0,8822. Tingkat keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol secara keseluruhan soal nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,207. Tingkat keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol soal level C4 (menganalisis) nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,029, soal level C5 (mengevaluasi) nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,878, dan soal level C5 (mengkreasi) nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,009. Perbedaan nampak dari model pembelajaran PBI dan PBI dengan pendekatan saintifik pada level soal C4 dan C6. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77264 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DIO RIYANTO.odt | 327.56 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.