Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77263
Title: | MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN GELOMBANG DI SMA/MA (Studi Pada Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa) |
Authors: | Indrawati Subiki Didin Dyah Handayani Indrawati Subiki |
Keywords: | Gelombang, Hasil Belajar Siswa, Keterampilan Proses Sains, Model GI-GI |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Artikel ini melaporkan hasil mengujicobakan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) dalam pembelajaran gelombang di SMA/MA. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran gelombang dan mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama menggunakan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) dalam pembelajaran gelombang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain post-test only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Arjasa pada siswa kelas XI semester genap tahun ajaran 2015/2016 mulai tanggal 2 Mei 2016 sampai 12 Mei 2016. Teknik perolehan data hasil belajar siswa berupa tes tulis melalui post test dianalisis pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 22 dan keterampilan proses sains siswa melalui observasi dan portofolio. Analisis data hasil belajar siswa dalam pembelajaran gelombang tersebut diperoleh nilai sig (2-tailed) ≤ 0,05 yaitu 0,029 ≤ 0,05 maka hipotesis nihil (H0)ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Jadi model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran gelombang. Persentase rata-rata keterampilan proses sains siswa secara keseluruhan yaitu sebesar 90,3, sehingga disimpulkan keterampilan proses sains siswa selama mengikuti pembelajaran gelombang menggunakan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) termasuk dalam kriteria baik. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77263 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DIDIN DYAH HANDAYANI.odt | 308.34 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.