Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76754
Title: PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN INDEX CARD MATCH DI KELOMPOK B TK QURROTA A'YUN III SAWOJAJAR MALANG
Authors: Aisiyah, Laily Nur
Keywords: Kemampuan sosial
pembelajaran kooperatif
permainan index card match
Issue Date: 25-Aug-2016
Abstract: Kecenderungan anak untuk tidak mau mengikuti aturan yang disepakati misalnya bergantian dalam menggunakan alat-alat permainan, membatasi diri dalam pergaulan, kecenderungan bermain dengan teman tertentu yang memiliki tingkat kemampuan kognitif yang setara, dan sikap merasa berkuasa terhadap teman lain bagi anak yang punya kelebihan fisik dari yang lain, menunjukkan rendahnya kemampuan sosial anak di kelompok B di TK Qurrota A’yun III Sawojajar Malang. Padahal kemampuan sosial merupakan hal sangat penting dimiliki oleh seseorang dan harus ditanamkan sejak dini pada anak. Untuk meningkatkan kemampuan sosial anak, dilakukan penelitian dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Kesimpulan dari penilaian selama penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif menggunakan teknik permainan index card match dapat meningkatkan kemampuan sosial anak di kelompok B TK Qurrota A’yun III Sawojajar Malang. Peningkatan kemampuan sosial tersebut ditandai dengan: (1) anak mau mengikui peraturan yang ada, yaitu peraturan sederhana selama permainan index card match; (2) rasa senang anak dalam bermain dengan teman secara berkelompok; (3) kemauan anak untuk mengerjakan tugas secara berkelompok; (4) anak mau menolong temannya yang lain selama berlangsung pembelajaran; (5) adanya komunikasi antar anak dan kemauan anak untuk mengajak temannya bermain.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76754
ISSN: 0852-601X
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Laily NA_Jurnal_ISSN 0852-601X_Peningkatan Kemampuan Sosial Anak_(FKIP).pdf260.46 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.