Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76728
Title: MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT DISERTAI MEDIA KARTU SOAL BERBENTUK PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMPN 2 JEMBER
Authors: Mahardika, I Ketut
Handayani, Rif'ati Dina
ALAM, Indriyani Purba
Keywords: TEAMS GAMES TOURNAMENT
Puzzle
Issue Date: 25-Aug-2016
Abstract: Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang tersusun secara sistematis dan penggunaannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam. Pada hakikatnya fisika merupakan proses dan produk tentang pengkajian gejala meliputi identifikasi dan merumuskan. Fisika tidak sekedar mempelajari dan menguasai kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep, atau prinsipprinsip melainkan juga menekankan pada proses penemuan (discovery). Hasil wawancara terbatas dengan guru mata pelajaran fisika di beberapa SMP Negeri di Kabupaten Jember, diantaranya SMP Negeri 1 Jengawah, SMP Negeri 4 Jember, SMP Negeri 2 Jember, dan SMP Negeri 7 Jember, secara umum pembelajaran fisika (IPA) menggunakan ceramah dan pembentukan kelompok untuk diskusi. Oleh karena itu, perlu adanya cara untuk mengurangi permasalahan-permasalahan tersebut. Salah satunya dengan menerapkan sebuah pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan umum yang ada yaitu dengan menggunakan model kooperatif Teams Games Tournament. Tidak hanya model pembelajaran yang diperlukan agar materi yang berupa fakta-fakta, konsep di dalam Ilmu Pengetahuan Alam khusunya fisika dapat tersampaikan dengan baik, dibutuhkan juga sebuah perantara, salah satunya yaitu media kartu soal berbentuk puzzle. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model kooperatif Teams Games Tournament disertai media kartu soal berbentuk puzzle terhadap hasil belajar kognitif, aktivitas belajar, dan hasil belajar sikap Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah quasi eksperimen yang memiliki ciri adanya kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penentuan tempat penelitian menggunakan purposive sampling area yang dilakukan di SMP Negeri 2 Jember. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas VIII yang akan digunakan untuk menentukan sampel dengan teknik random sampling setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Desain penelitian yang digunakan yaitu Posttest Only Control Group, yaitu pemberian posttest di akhir pertemuan. Uji hipotesis pertama terhadap kompetensi kognitif menggunakan Independent Simple T-test memberikan nilai signifikansi sebesar 0.023 yang kurang dari 0.05. Nilai signifikansi tersebut menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament yang disertai media kartu soal berbentuk puzzle dengan pembelajaran yang tidak menggunakan Teams Games Tournament yang disertai media kartu soal berbentuk puzzle. Hasil uji Independent Simple T-test terhadap aktivitas belajar menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol ditunjukkan dengan nilai sig. (1- tailed) sebesar 0.4305, dimana nilai signifikasi tersebut lebih besar dari 0.05. Uji hipotesis penelitian tentang kompetensi sikap siswa menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara skor akhir rata-rata siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0.05 yaitu sebesar 0.417. Berdasarkan hasil analisis yang dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament disertai media kartu soal berbentuk puzzle mempengaruhi kompetensi kognitif, aktivitas belajar siswa dan kompetensi sikap
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76728
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Indriyani Purba Alam - 110210102028 -1.pdf994.51 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools