Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76534
Title: | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI C SMAU BPPT Darus Sholah) |
Authors: | PUJIASTUTI WAHONO, Bevo SYACHNIA, Ainul |
Keywords: | TIPE STAD TEKNIK MIND MAPPING |
Issue Date: | 16-Aug-2016 |
Series/Report no.: | 120210103104; |
Abstract: | Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan teknik mind mapping pada pokok bahasan sistem ekskresi. Aktivitas siswa pada siklus 1 sampai siklus 2 terjadi peningkatan. Pada saat siklus 1, untuk persentase kriteria perhatian terhadap pelajaran sebesar 58,9%, aktif bertanya/menjawab sebesar 59,2%, bekerja dalam kelompok sebesar 66,7%, dan berdiskusi sebesar 68,9%. Selanjutnya pada siklus 2, persentase kriteria perhatian terhadap pelajaran sebesar 72,4%, aktif bertanya/menjawab sebesar 75,3%, bekerja kelompok sebesar 75,3%, dan berdiskusi sebesar 77,4%. Sehingga peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 11,68% Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan baik aspek kognitif maupun afektif dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan teknik mind mapping. Pada aspek kognitif, peningkatan dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 34,2%. Siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 31,5%, dan pada prasiklus ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 65,6%. Sedangkan pada peningkatan aspek afektif dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6,8%. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76534 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ainul Syachnia - 120210103104 -1.pdf | 3.34 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools