Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76209
Title: PENGEMBANGAN POP-UP MODULE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (SISWA KELAS X SMAN KALISAT, JEMBER)
Authors: Mudakir, Imam
Fikri, Kamalia
Indriyani Nugroho, Lyna
Keywords: Pengembangan Pop-Up Module Berbasis Pendekatan Saintifik
Issue Date: 10-Aug-2016
Abstract: Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan pendidikan perlu adanya solusi untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia yaitu dengan melakukan pembaruan kurikulum. Saat ini pemerintah memberlakukan penggunaan kurikulum 2013 yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya, oleh karena itu perlu adanya pengembangan perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan keberhasilan dalam mengajar yang sesuai dengan tujuan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi di SMAN Kalisat, Jember dan angket siswa kelas XI pada pembelajaran materi ekologi dijumpai kendala yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan perbaikan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Sedangkan bahan ajar yang menuntun siswa untuk dapat belajar secara mandiri yaitu bahan ajar berupa modul. Meningkatkan hasil belajar bukan hanya dengan cara membuat modul tetapi guru juga harus dapat menginovasi modul agar menjadi lebih inovatif, variatif dan menarik yang dapat dilakukan dengan menyatukan karakteristik dari pop-up dan pendekatan saintifik ke dalam modul pembelajaran
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76209
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lyna Indriyani Nugroho -1.pdf3.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools