Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/75882
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMahardika, I Ketut-
dc.contributor.advisorYushardi-
dc.contributor.authorLOLIWA, Ida Ayu Novianto-
dc.date.accessioned2016-08-05T08:46:16Z-
dc.date.available2016-08-05T08:46:16Z-
dc.date.issued2016-08-05-
dc.identifier.nim120210102004-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75882-
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu cabang dari ilmu sains yang mempelajari tingkah laku alam dalam berbagai bentuk gejala-gejala melalui tahapan proses ilmiah guna memahami apa yang membentuk atau mengendalikan kelakuan tersebut. Sebaiknya dalam belajar fisika siswa harus terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa mampu menguasai konsep-konsep fisika yang diharapkan dapat mencapai hasil belajar maksimal. Permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran fisika di sekolah adalah siswa hanya diajarkan bagaimana menyelesaikan soal-soal secara verbal dan hitungan matematis saja tanpa menggunakan representasi lainnya seperti gambar dan grafik. Hal tersebut menyebabkan pemahaman siswa tentang fisika hanya terhenti pada penyelesaian masalah secara verbal dan hitungan saja, sehingga akan berpengaruh pada pola pemikiran mereka dalam pembelajaran fisika yang menyatakan fisika hanya menghitung dan menghafal rumus saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas belajar siswa selama menggunakan model Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction disertai LKS Berbasis Multirepresentasi dan untuk mengkaji hasil belajar fisika siswa setelah menggunakan model Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan dua kelas sebagai sampel. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tanggul pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Diperoleh dua kelas yaitu kelas X MIPA-4 sebagai kelas ekperimen dan kelas X MIPA-6 sebagai kelas kontrol. Analisis data pada masingmasing kemampuan representasi menggunakan Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 20. Selanjutnya hasil belajar fisika siswa didapatkan dari hasil kemampuan multirepresentasi siswa yang dijabarkan menjadi empat representasi yaitu representasi verbal, matematik, gambar dan grafik serta dari hasil deskripsi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil skor aktivitas belajar siswa didapatkan rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 86,67 dapat dikatakan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran fisika menggunakan model inkuiri terbimbing integrasi peer instruction disertai LKS berbasis multirepresentasi apabila dikonsultasikan dengan kriteria aktivitas belajar siswa, hasil rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan I, pertemuan II, dan pertemuan III dapat dikatagorikan aktif. Berdasarkan hasil analisis pada empat kemampuan representasi siswa didapatkan bahwa keempat representasi yaitu representasi verbal, matematik, gambar dan grafik pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian didapatkan empat representasi yang memiliki nilai signifikansi (p) ≤ 0,05 dan aktivitas belajar memiliki kriteria aktif, sehingga model inkuiri terbimbing integrasi peer instruction disertai LKS berbasis multirepresentasi berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tanggul Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model inkuiri terbimbing integrasi peer instruction disertai LKS berbasis multirepresentasi termasuk dalam kriteria aktif, dan 2) ada pengaruh yang signifikan model inkuiri terbimbing integrasi peer instruction disertai LKS berbasis multirepresentasi terhadap hasil belajar fisika siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPEER INSTRUCTIONen_US
dc.subjectLembar Kerja Siswaen_US
dc.subjectMULTIREPRESENTASIen_US
dc.titleMODEL INKUIRI TERBIMBING INTEGRASI PEER INSTRUCTION DISERTAI LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ida Ayu Noviari Loliwa - 120210102004 -1.pdf10.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools