Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/75867
Title: PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN FEMALE BAG SOPHIE MARTIN PARIS DI KOTA JEMBER
Authors: Sularso, R. Andi
Suroso, Imam
Ermawati, Lusy
Keywords: BRAND IMAGE
BRAND TRUST
BRAND LOYALTY
KONSUMEN FEMALE
Issue Date: 5-Aug-2016
Abstract: Brand loyalty adalah kesetiaan seorang pelanggan terhadap merek suatu produk atau jasa. Pelanggan yang loyal merupakan aset penting bagi perusahaan karena konsumen akan lebih memungkinkan untuk melakukan pembelian ulang. Faktor-faktor yang mendorong atau mempengaruhi loyalitas merek terhadap suatu produk atau jasa yaitu brand image dan brand trust. Brand image atau citra merek adalah kumpulan persepsi dan kesan yang ada dibenak konsumen mengenai suatu merek yang dirangkai dari ingatan-ingatan konsumen terhadap merek tersebut. Citra yang positif tentang produk atau jasa akan menguntungkan perusahaa n karena konsumen secara tidak disadari akan merekomendasikan produk kepada orang lain. Sebaliknya citra yang negatif tentang merek suatu produk atau jasa akan membuat konsumen menyebarkan informasi buruk kepada orang lain. Brand trust adalah kemampuan merek untuk dipercaya, yang bersumber pada keyakinan konsumen bahwa produk tersebut mampu memenuhi nilai yang dijanjikan dan intensi baik merek. Brand trust merupakan kecenderungan individu untuk percaya pada kualitas merek atau atribut yang sangat penting dalam hubungan konsumer-merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty pada konsumen female bag Sophie Martin Paris di kota Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah semua member Sophie Paris di kota Jember. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah member Sophie Paris yang memesan dan memakai produk tas merek Sophie Martin Paris. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 112 responden, yang diperoleh dari seluruh variabel indikator yang digunakan dikalikan dengan 8. Dalam kajian ini jumlah indikator variabel laten seluruhnya berjumlah 14. Tetapi dalam penelitian ini jumlah sampel yang ditetapkan oleh peneliti adalah 120. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi dengan pendekatan konfirmatori. Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan tentang pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty pada konsumen female bag Sophie Martin Paris di kota Jember, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: a). Brand image berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty pada konsumen female bag Sophie Martin Paris di kota Jember. Dengan demikian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antara brand image terhadap brand loyalty pada konsumen female bag Sophie Martin Paris di kota Jember diterima. Keseluruhan persepsi brand image responden terhadap merek Sophie Martin Paris terbentuk berdasarkan recognition, reputation, affinity dan domain. b) brand trust berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty pada konsumen female bag Sophie Martin Paris di kota Jember. Dengan demikian hipotesis kedua yang menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antara brand trust terhadap brand loyalty pada konsumen female bag Sophie Martin Paris di kota Jember diterima. Kepercayaan responden terhadap merek Sophie Martin Paris terbentuk berdasarkan achieving result, acting with integrity, demonstrate concern, dimension of viability dan dimension of intentionality.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75867
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lusy Ermawati -1.pdf2.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools