Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/75130
Title: | Identifikasi miskonsepsi materi biologi kelas II semester 1 pada siswa SMP negeri di kecamatan Kencong tahun ajaran 2003/2004 |
Authors: | Pujiastuti Prihatin, Jekti MAS'UDAH, Dwi |
Keywords: | Miskonsepsi Identifikasi |
Issue Date: | 28-Jun-2016 |
Abstract: | Miskonsepsi adalah kesalahan konsepsi, dimana konsepsi yang dikemukakan tidak sesuai dengan pengertian ilmiah. Miskonsepsi harus diluruskan supaya tidak menjadi penyebab miskonsepsi pada konsep selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep-konsep yang mengalami miskonsepsi dari materi biologi kelas rr semester l siswa SMP Negeri di Kecamatan Kencong tahun ajaran 2003/2004. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri I Kencong, SMP Negeri 2 Kencong dan SMP Negeri 3 Kencong, pada bulan Februari 2004. Data diperoleh dari hasil tes siswa dengan bentuk soal multiple choice dengan reasoning. dan dilengkapi dengan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi terjadi pada setiap soal konsepsi yang diberikan. Rata-rata persentase siswa yang miskonsepsi pada tiap pokok bahasan adalah: konsep pemafasan pada tumbuhan 41,73 %; transportasi pada tumbuhan 31,022 %; pengeluaran pada tumbuhan 39,66 %; gerak pada tumbuhan 56,02 %; sistem pencemaan pada hewan dan manusia 33,55 %; sistem pemafasan pada hewan dan manusia 32,48 %; sistem transportasi pada hewan dan manusia 46,38 %; dan sistem gerak pada hewan dan manusia 31,13 %. Persentase siswa yang miskonsepsi tertinggi pada konsep otot Iurik yaitu 70,67 %. Sedangkan rata-rata persentase siswa yang miskonsepsi tertinggi pada konsep-konsep dalam pokok bahasan gerak pada tumbuhan, yaitu 56,02%. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75130 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Dwi Mas'udah 990210103259_.pdf | 20.16 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools