Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/75079
Title: Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Kelas V SDN Kebonsari 03 Jember
Authors: Hari Satrijono
Suhartiningsih
Farida Roudlotul Jannah
Suhartiningsih
Hari Satrijono
Keywords: Strategi belajar PQ4R, kemampuan membaca pemahaman, penelitian tindakan kelas.
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kurangnya konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran membaca. Penelitian ini bertujuan menelaah penerapan strategi belajar PQ4R, serta meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri atas 22 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian penerapan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember. Hal tersebut terlihat pada skor klasikal kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum diterapkan strategi belajar PQ4R mengalami peningkatan sebesar 20,69% dari 54,27 pada prasiklus menjadi 65,50 pada siklus 1. Kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus 2 juga mengalami peningkatan sebesar 11,54% dari 65,50 pada siklus 1 menjadi 73,06 pada siklus 2. Berdasarkan pembahasan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman menggunakan strategi belajar PQ4R semakin baik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75079
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FARIDA ROUDLOTUL JANNAH.odt426.39 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.