Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/75079
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHari Satrijono-
dc.contributor.advisorSuhartiningsih-
dc.contributor.authorFarida Roudlotul Jannah-
dc.contributor.authorSuhartiningsih-
dc.contributor.authorHari Satrijono-
dc.date.accessioned2016-06-27T02:35:52Z-
dc.date.available2016-06-27T02:35:52Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75079-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kurangnya konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran membaca. Penelitian ini bertujuan menelaah penerapan strategi belajar PQ4R, serta meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri atas 22 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian penerapan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember. Hal tersebut terlihat pada skor klasikal kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum diterapkan strategi belajar PQ4R mengalami peningkatan sebesar 20,69% dari 54,27 pada prasiklus menjadi 65,50 pada siklus 1. Kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus 2 juga mengalami peningkatan sebesar 11,54% dari 65,50 pada siklus 1 menjadi 73,06 pada siklus 2. Berdasarkan pembahasan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman menggunakan strategi belajar PQ4R semakin baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectStrategi belajar PQ4R, kemampuan membaca pemahaman, penelitian tindakan kelas.en_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Kelas V SDN Kebonsari 03 Jemberen_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FARIDA ROUDLOTUL JANNAH.odt426.39 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.